PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB KELAS X JURUSAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL) DI SMK N 1 KEBUMEN

Iftah Khoiriyah , 5302410128 (2014) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB KELAS X JURUSAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL) DI SMK N 1 KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Rendahnya pemahaman siswa SMK N 1 Kebumen terhadap mata pelajaran Pemrograman Web menghambat keterampilan dalam menguasai bahasa pemrograman, sehingga tingkat pencapaian hasil belajar masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana metode explicit instruction dapat membantu siswa SMK N 1 Kebumen kelas X RPL untuk memenuhi nilai KKM yang ditetapkan dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemrograman Web. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada sampel siswa SMK kelas X RPL 2 di SMK N 1 Kebumen pada bulan September. Penelitian ini terdiri dari kegiatan prasiklus, siklus I, dan siklus II. Dari penelitian ini didapat data bahwa nilai rata-rata kognitif pra siklus sebesar 56,6; siklus I sebesar 74,8; dan siklus II sebesar 78,1. Kemudian didapat nilai ketuntasan klasikal pra siklus sebesar 31,4 %; siklus I sebesar 65,7%; siklus II sebesar 85,7%. Dapat dilihat dalam tiap siklus tersebut mengalami peningkatan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pemrograman web dengan metode explicit instruction dapat memenuhi nilai KKM yang sudah ditetapkan dan hasil belajar meningkat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pemrograman web, explicit instruction
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    T Technology > T Technology (General)
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 09 Nov 2015 22:52
    Last Modified: 09 Nov 2015 22:52

    Actions (login required)

    View Item