PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTU MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS IVB SDN TAMBAKAJI 03 KOTA SEMARANG


AYU FATIMAH CAHYANINGTYAS, 1401411371 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTU MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS IVB SDN TAMBAKAJI 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411371-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal di SDN Tambakaji 03 Kota Semarang ditemukan permasalahan pada pembelajaran PKn. Guru kurang optimal dalam penggunaan model dan media yang kurang inovatif sehingga berdampak pada keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa yang rendah. Sebanyak 16 siswa (62%) mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 63 dan sisanya yaitu 10 siswa (38%) telah berhasil melampaui KKM. Solusi permasalahan ini dengan menerapkan model Team Assisted Individualization berbantu multimedia. Rumusan masalah penelitian adalah ”Bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran dalam pembelajaran PKn melalui model Team Assisted Individualization berbantu multimedia pada siswa kelas IVB SDN Tambakaji 03 Kota Semarang?”. Tujuan penelitian meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantu multimedia pada siswa kelas IVB SDN Tambakaji 03 Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam tiga siklus, satu kali pertemuan setiap siklus, terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVB SDN Tambakaji 03 Kota Semarang berjumlah 26 siswa. Jenis data yaitu data kuantitatif dan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya (1) keterampilan guru pada siklus I skor 24 (baik), siklus II skor 29 (sangat baik), dan siklus III skor 34 (sangat baik); (2) aktivitas siswa pada siklus I rata-rata skor 23,4 (baik), siklus II rata-rata skor 29,5 (sangat baik), dan siklus III rata-rata skor 32,4 (sangat baik); (3) ketuntasan klasikal hasil belajar siklus I sebanyak 48% (12 siswa) tuntas belajar, siklus II sebanyak 69% (18 siswa) tuntas belajar, dan siklus III sebanyak 77% (20 siswa) tuntas belajar. Simpulan penelitian ini adalah melalui penerapan model Team Assisted Individuaization berbantu multimedia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas IVB SDN Tambakaji 03 Kota Semarang. Saran bagi guru untuk lebih inovatif mengembangkan model dan lebih kreatif dalam memilih dan menggunakan media seperti menggunakan model Team Assisted Individualization berbantu multimedia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas; multimedia; pembelajaran; PKn; Team Assisted Individualization
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 03:53
Last Modified: 10 Nov 2015 03:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20416

Actions (login required)

View Item View Item