PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA INGGRIS PADA PENDIDIKAN ANAK USAI DINI ISLAM TERPADU “ MUTIARA HATI ” GUNUNGPATI SEMARANG


Dady Priambudi, 1102410021 (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA INGGRIS PADA PENDIDIKAN ANAK USAI DINI ISLAM TERPADU “ MUTIARA HATI ” GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102410021-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi yang pesat, khususnya teknologi informasi mendorong manusia untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat digunakan kapan pun dan di mana pun. Di samping itu, metode pembelajaran bahasa Inggris yang konvensional dan klasik menuntut guru untuk menggunakan media yang lebih relevan dengan tuntutan zaman, agar peserta didik lebih termotivasi dalam belajar bahasa Inggris. Media tersebut adalah berupa media pembelajaran bahasa Iggris berbasis Adobe flash . Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran ineteraktif berbasis flash dan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik TK IT Mutiara hati Gunungpati Semarang. Objek penelitian ini adalah peserta didik TK IT Mutiara Hati Gunungpati Semarang. Desain dalam penelitian ini adalah Research & Development . Pengambilan data diperoleh dengan metode tes eksperimen untuk mendapatkan data peningkatan hasil belajar peserta didik yang kemudian dianalisis dengan uji-t satu sampel (pihak kiri) dan uji gain . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interakti berbasis flash mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik TK IT Mutiara Hati. Media pembelajaran interaktif berbasis flash dapat menjadi alternatif media pembelajaran bagi guru, agar peserta didik dapat meningkatkan semangat, motivasi dan hasil belajar. Untuk kedepan perlu adanya penggunaan media pembelajaran interaktif dalam proses pembelajaran di sekolah sebagai alternatif media pembelajaran untuk mengatasi permasalahan dalam proses belajar seperti kurangnya perhatian peserta didik dalam belajar, terbatasnya alat-alat peraga, kurang kondusifnya kegiatan belajar, sehingga pembelajaran dapat berjalan lancar, tujuan pembelajaran tercapai dan peserta didik memahami pelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Inggris, Multimedia Pembelajaran, Pengembangan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 03:51
Last Modified: 10 Nov 2015 03:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20413

Actions (login required)

View Item View Item