PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DALAM RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH PADA SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS SARI KELAPA KECAMATAN CILONGOK


Kartika Eva Prestiana, 1401411368 (2015) PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DALAM RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH PADA SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS SARI KELAPA KECAMATAN CILONGOK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411368-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam menjalankan program BOS, sebelum mengelola dananya terlebih dahulu sekolah membuat perencanaan yang tertuang dalam dokumen Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Penyusunan RKAS semestinya melibatkan semua pihak sekolah yaitu kepala sekolah, dewan guru dan komite sekolah. Penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) seharusnya sesuai dengan 13 komponen pembiayaan yang terdapat pada petunjuk teknis (Juknis) dari Kemendikbud. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perencanaan penggunaan dana BOS dalam RKAS pada sekolah dasar negeri Gugus Sari Kelapa Kecamatan Cilongok. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar negeri Gugus Sari Kelapa Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode survey deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah SD Negeri 1 Cilongok, SD Negeri 2 Cilongok, SD Negeri 3 Cilongok, SD Negeri 1 Pernasidi, SD Negeri 1 Cipete, SD Negeri 2 Cipete, SD Negeri 1 Batuanten, dan SD Negeri 2 Batuanten. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, bendahara BOS, dan komite sekolah. Uji validitas dan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa sekolah telah melaksanakan perencanaan program BOS sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam juknis penggunaan BOS dari Kemendikbud. Sesuai dengan aturan program BOS yang menuntut transparansi, semua sekolah sudah melakukan publikasi terkait program BOS dengan cara memasang spanduk bebas pungutan, mengumumkan rencana penggunaan dana BOS, laporan realisasi penggunaan dana BOS di setiap triwulan serta adanya informasi terkait kegiatan yang boleh dan tidak boleh menggunakan dana BOS. Perencanaan penggunaan dana BOS diawali dengan penyusunan RKAS, penyusunannya melibatkan kepala sekolah, semua guru dan tenaga kependidikan lainnya serta komite sekolah. Peran komite sekolah lebih kepada pengembangan sarana prasarana sekolah dan menyetujui RKAS. Hambatan yang dirasakan sekolah dalam melaksanakan program BOS adalah tidak ada tenaga ahli khusus yang menangani administrasi BOS. Disarankan bagi komite sekolah agar lebih berperan aktif dalam penyusunan RKAS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 03:43
Last Modified: 10 Nov 2015 03:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20409

Actions (login required)

View Item View Item