PENGARUH KEMAMPUAN NUMERIK DAN LOGIKA TERHADAP KEMAMPUAN CODINGPADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Hilda Nur Aulia, 5302410041 5302410041 5302410041 (2014) PENGARUH KEMAMPUAN NUMERIK DAN LOGIKA TERHADAP KEMAMPUAN CODINGPADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1152Kb)

    Abstract

    Kemampuan dalam melakukan coding penting bagi mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) untuk membuat berbagai project atau tugas kuliah serta sebagai bekal di dunia kerja. Namun dilihat dari rata-rata nilai hasil belajar beberapa mata kuliah yang didalamnya terdapat tugas- tugas membuat program komputer, diantaranya mata kuliah Algoritma dan Pemrograman dengan rata-rata nilai 69,806, Praktik Algoritma dan Pemrograman sebesar 69,903, Struktur Data sebesar 73,645 dan Praktik Struktur Data sebesar 73,613, kemampuan coding mahasiswa PTIK saat ini masih kurang memuaskan. Menurut pendapat beberapa ahli yaitu Dwijono, Soesianto, Fathani dan Riley, hal- hal yang mempengaruhi kemampuan coding diantaranya adalah kemampuan logika dan matematika. Sehingga dalam penelitian ini akan diteliti seberapa besar pengaruh kemampuan numerik dan logika terhadap kemampuan coding mahasiswa PTIK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan numerik dan logika mempengaruhi kemampuan coding mahasiswa PTIK – UNNES dan seberapa besar pengaruh kemampuan numerik dan logika terhadap kemampuan coding mahasiswa PTIK – UNNES. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan analisis statistika. Jumlah sampel sebanyak 31 mahasiswa rombel 1 PTIK – UNNES angkatan 2013. Data variabel bebas yaitu kemampuan numerik dan logika diperoleh dari nilai mata kuliah Fisika, Matematika Dasar, Matematika Diskrit, dan Logika. Sedangkan data variabel terikat yaitu kemampuan coding diperoleh dari nilai mata kuliah Algoritma dan Pemrograman, Praktik Algoritma dan Pemrograman, Struktur Data dan Praktik Struktur Data. Tahap pelaksanaan penelitian ini adalah penentuan sampel, pengumpulan data secara dokumentasi, dan analisis hipotesis menggunakan metode regresi linier. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh antara kemampuan numerik dan logika terhadap kemampuan coding dengan koefisien R sebesar 0,658 dan koefisien determinasi sebesar 43,3%. Persamaan regresi yang didapat adalah = 12,66 + 0,749X. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan numerik dan logika memiliki pengaruh terhadap kemampuan coding. Agar hasil penelitian lebih akurat, pada penelitian selanjutnya yang serupa dapat ditambahkan jumlah sampel yang diteliti.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kemampuan Numerik dan logika, Kemampuan Coding
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    T Technology > T Technology (General)
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 09 Nov 2015 22:36
    Last Modified: 09 Nov 2015 22:36

    Actions (login required)

    View Item