IMPLEMENTASI MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS III SD NEGERI SEKARAN 01 SEMARANG

AGUSTIN ANGGRIANI, 1401411367 (2015) IMPLEMENTASI MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS III SD NEGERI SEKARAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2644Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi dan refleksi yang dilakukan peneliti, proses pembelajaran dan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi di kelas III SDN Sekaran 01 Semarang belum baik. Selain itu, ketuntasan klasikal keterampilan menulis karangan narasi siswa hanya mencapai 54,35%. Perbaikan dilakukan dengan model mind mapping berbantuan media audio visual untuk memperbaiki proses pembelajaran serta meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas III SDN Sekaran 01 Semarang. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi model mind mapping berbantuan media audio visual dalam proses pembelajaran menulis karangan narasi dan bagaimanakah model mind mapping berbantuan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas serta keterampilan menulis karangan narasi siswa? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran serta meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis karangan narasi siswa dalam pembelajaran dengan model mind mapping berbantuan media audio visual di kelas III SDN Sekaran 01 Semarang. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SDN Sekaran 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses pembelajaran pada siklus I memperoleh skor 25 dengan kategori sangat baik, siklus II memperoleh skor 26 dengan kategori sangat baik dan pada siklus III memperoleh skor 28 dengan kategori sangat baik, (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 17,33 dengan kategori baik, pada siklus II memperoleh skor 20,93 dengan kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 24,91 dengan kategori sangat baik, (3) persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 73,91%, meningkat pada siklus II menjadi 84,78%, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 95,65%. Simpulan penelitian ini adalah implementasi model mind mapping berbantuan media audio visual dapat memperbaiki proses pembelajaran serta meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis karangan narasi siswa. Saran bagi guru adalah hendaknya dalam mengajarkan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan model yang sesuai agar proses dan hasil belajar baik, antara lain dengan model mind mapping berbantuan media audio visual.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: karangan narasi, audio visual, mind mapping
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: cahyo fajar unnes
    Date Deposited: 09 Nov 2015 22:35
    Last Modified: 09 Nov 2015 22:35

    Actions (login required)

    View Item