PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK MELALUI MODEL NUMBER HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS V SDN SUKOREJO 02


ELY PRAKASIWI, 1401411359 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK MELALUI MODEL NUMBER HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS V SDN SUKOREJO 02. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411359-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan guru kelas V SDN Sukorejo 02, ditemukan masalah dalam pembelajaran bahasa Indonesia tentang menyimak cerita anak yang belum optimal. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran guru kurang maksimal dalam menerapkan keterampilan dasar mengajar dalam pembelajaran menyimak cerita anak, hal ini mengakibatkan kurangnya aktivitas siswa dalam menyimak cerita anak. Berdasarkan nilai semester satu, hanya 15 dari 39 siswa yang mencapai KKM (sebanyak 38,46% siswa mengalami ketuntasan). Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkan model number heads together dengan media audio dalam pembelajaran keterampilan menyimak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak melalui model number heads together dengan media audio pada siswa kelas V SDN Sukorejo 02?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan guru, aktivitas siswa, hasil belajar berupa keterampilan menyimak cerita anak melalui model number heads together dengan media audio pada siswa kelas V SDN Sukorejo 02. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan tiga siklus, setiap siklus teridiri atas satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 39 siswa kelas V SDN Sukorejo 02. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes berupa observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data terdiri atas data kuantitatif dan data kualitatif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: keterampilan guru pada siklus I mendapat skor 28 kriteria baik, siklus II mendapat skor 32 kriteria sangat baik, dan siklus III mendapat skor 33 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rerata skor 20,97 kriteria cukup, siklus II memperoleh rerata skor 28,94 kriteria baik, dan siklus III memperoleh rerata skor 30,71 kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa berupa keterampilan menyimak cerita anak pada siklus I memperoleh rerata nilai 48,36 dan ketuntasan belajar klasikal 41,02%, siklus II memperoleh rerata nilai 64,56 dan ketuntasan belajar klasikal 71,79%, dan siklus III memperoleh rerata nilai 80,64 dan ketuntasan belajar klasikal 92,31%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model number heads together dengan media audio dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar berupa keterampilan menyimak cerita anak siswa kelas V SDN Sukorejo 02. Saran penelitian ini adalah agar guru menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model dan media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sehingga keterampilan menyimak cerita anak meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menyimak cerita anak, number heads together, audio
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 03:21
Last Modified: 10 Nov 2015 03:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20399

Actions (login required)

View Item View Item