PENGEMBANGAN APLIKASI KAMUS BIOLOGI SMA BERBASIS VISUAL STUDIO DENGAN POKOK BAHASAN KLASIFIKASI TUMBUHAN DI SMA PGRI JEPARA

Aji Purnomo, 1102410020 (2015) PENGEMBANGAN APLIKASI KAMUS BIOLOGI SMA BERBASIS VISUAL STUDIO DENGAN POKOK BAHASAN KLASIFIKASI TUMBUHAN DI SMA PGRI JEPARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (7Mb)

    Abstract

    Buku teks merupakan sebuah media pembelajaran yang biasa digunakan guru untuk mengajar. Buku teks tersebut mempunyai kelemahan yakni cepat membuat siswa bosan. Apalagi untuk pembelajaran biologi yang memuat banyak sekali kata- kata dan nama ilmiah. Hal tersebut membuat banyak siswa tidak menyukai pelajaran dan berakibat kepada menurunnya hasil belajar siswa. Sebuah media pembelajaran seperti kamus sangat dibutuhkan oleh siswa dalam rangka menarik perhatian siswa dan lebih memotivasi siswa untuk belajar sehingga diharapkan hasil belajar siswa juga akan meningkat. Media yang dikembangkan adalah Aplikasi Kamus Biologi SMA Berbasis Visual Studio dengan Pokok Bahasan Klasifikasi Tumbuhan. Aplikasi Kamus Biologi SMA menawarkan kemudahan dan kepraktisan belajar bagi para siswa. Kamus ini menyajikan nama ilmiah, gambar serta taksonomi tumbuhan kepada siswa hanya dengan cara mengetikkan nama tumbuhan yang siswa ingin ketahui. Kamus ini dapat dijadikan media pembelajaran inovatif yang lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) yang mengacu pada langkah-langkah penelitian R&D menurut Haryono (1987). Penelitian ini dilaksanakan di SMA PGRI Jepara. Dalam penelitian ini media yang dikembangkan dinilai oleh pakar dan diuji cobakan pada skala terbatas dan skala luas. Subjek uji coba skala terbatas adalah 19 siswa kelas XI I P A 1 sedangkan pada uji coba skala luas adalah 36 siswa kelas XIIA. Data kelayakan media diperoleh dari lembar penilaian media oleh pakar media dan materi, checklist guru dan siswa, serta angket tanggapan guru dan siswa. Data efektivitas media diperoleh dari hasil belajar siswa berupa nilai pretest dan posttest. Hasil analisis kelayakan Kamus Biologi SMA berdasarkan penilaian dari ahli media Balai Pengembangan Media (BPMP) Kemdikbud dan ahli materi memperoleh nilai dengan persentase masing-masing 85% dan 88,46% yang menunjukan kriteria sangat baik. Hasil checklist dan angket tanggapan memperoleh penilaian berturut -turut 100% dan 90% dari guru serta 98,26% dan 89,62% dari siswa yang semuanya termasuk ke dalam kriteria sangat baik. Sedangkan apabila dilihat dari segi efektivitasnya, Kamus Biologi SMA mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan skala Gain 0,7 (kategori tinggi) dan mampu mencapai ketuntasan klasikal sebesar 94,44%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kamus Biologi SMA yang dikembangkan sangat baik dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada pokok bahasan klasifikasi tumbuhan di SMA.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengembangan ,Kamus Biologi SMA, Klasifikasi Tumbuhan
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 09 Nov 2015 22:41
    Last Modified: 09 Nov 2015 22:41

    Actions (login required)

    View Item