PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN TAMBAKAJI 02 SEMARANG


Lia Yanuarti, 1401411356 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN TAMBAKAJI 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411356-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan refleksi awal di kelas IV SDN Tambakaji 02 Semarang ditemukan permasalahan pada pembelajaran IPA. Guru lebih mengutamakan cara mengisi pikiran siswa dan penggunaan media masih kurang optimal. Siswa kurang terlibat aktif, mereka menerima materi dalam bentuk hafalan saja, siswa belum diarahkan belajar mandiri untuk menemukan sendiri pengetahuan baru yang sesuai dengan materi. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa masih rendah. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah melalui model Discovery Learning dengan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Tambakaji 02 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui model Discovery Learning dengan media audio visual pada siswa kelas IV SDN Tambakaji 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dua pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Tambakaji 02 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru siklus I pertemuan 1 memperoleh skor 28 (baik), siklus I pertemuan 2 sebesar 35 (sangat baik), siklus II pertemuan 1 sebesar 36 (sangat baik), dan siklus II pertemuan 2 sebesar 38 (sangat baik). Aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 memperoleh skor 17,2 (baik), siklus I pertemuan 2 sebesar 18,97 (baik), siklus II pertemuan 1 sebesar 20,3 (baik) dan siklus II pertemuan 2 sebesar 21,6 (baik). Hasil belajar klasikal siklus I pertemuan 1 sebesar 61,1%, siklus I pertemuan 2 menjadi 77,8%, siklus II pertemuan 1 menjadi 83,3% dan pada siklus II pertemuan 2 menjadi 88,9%. Simpulan penelitian ini adalah melalui model Discovery Learning dengan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Tambakaji 02 Semarang. Saran yang diberikan hendaknya guru merancang kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, memilih model dan media yang sesuai dengan materi dan karakteristik siswa agar pembelajaran dapat optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, kualitas pembelajaran, IPA, audio visual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 03:15
Last Modified: 10 Nov 2015 03:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20392

Actions (login required)

View Item View Item