STUDI TENTANG KOMPETENSI PENGUASAAN TIK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA GURU SMA NEGERI 1 JEPARA


Alvin Fahruddin, 1102409006 (2015) STUDI TENTANG KOMPETENSI PENGUASAAN TIK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA GURU SMA NEGERI 1 JEPARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102409006-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sejak diimplmentasikan, Kurikulum 2013 menyorotibanyak aspek yang menjadiperhatian guru saat mengajar. Dari proses implementasi ini, hal yang paling mencolok ialah tentang penggunaan pendekatan Tematik Integratif dan metode Scientificyang dimaksudkan untuk mengasah kemampuan berfikir kritis siswa atau High Order Thingking Skill(HOTS). Penggunaan TIK menjadi sangat penting untuk menunjang proses pembelajaran, terlebih penguasaan TIK menjadi kompetensi kunci yang ingin ditonjolkan padalulusannantinya. Hal ini menjadikan guru wajib menguasai TIK untuk menunjang pembelajaran yang mereka ampu. Sebagai salah satu sekolah percontohan implementasi Kurikulum 2013, SMA Negeri 1 Jepara diharuskan menyiapkan semua gurunya untuk pelaksanaan proses ini, terlebih mereka harus menguasai TIK. Penelitian ini ditujukan untuk memberikangambaran proses implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Jepara dankualitas kompetensi guru disana dalam hal penguasaan TIK dalam pembelajaran. Subjek penelitian iniialah guru SMA Negeri 1 Jepara. Lalu dipilih Kepala Sekolah dan Wakasekbid Kurikulum untuk menjadi informan kunci. Kemudianinforman kunci memberikan rekomendasi6 orang sebagai informandalampenelitian. Pendekatanpenelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Simpulan yang didapat dari penelitian ini ialah: (a) Proses implementasi Kurikulum 2013 di SMA negeri 1 Jepara berlangsung dengan baik. Pihak guru telah semaksimal mungkin untuk melakukan proses implementasi kurikulum yang baru ini. Meskipun mereka mengakui masih dalam taraf adaptasi. Secara lebih rinci, mereka mendapatkan masalah dalam hal penilaian dalam sistem Kurikulum 2013. (b) Kompetensi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi oleh guru dalam proses pembelajaran tergolong baik. Guru sudah terlihat mampu memanfaatkan media pendukung berbasis TIK dalam proses pembelajaran.Dengan melihat hasil tersebut, sebaiknya sekolah membuat program pendukung implementasi kurikulum baru ini terutama untuk meningkatkan kualitas proses penilaian dan dari pihak guru lebih meningkatkan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran. Hal ini ditujukan untuk memaksimalkan proses implementasi Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penguasaanTIK, pembelajaran, implementasi kurikulum 2013.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 03:13
Last Modified: 10 Nov 2015 03:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20388

Actions (login required)

View Item View Item