KESIAPAN GURU SEJARAH SMA NEGERI DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN KENDAL


Muchammad Imam Junaidi , 3101410096 (2014) KESIAPAN GURU SEJARAH SMA NEGERI DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101410096-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah sosialisasi Kurikulum 2013 yang masih sangat minim di sejumlah wilayah dan ketersediaan buku yang kurang. Perumusan masalahnya adalah (1) Bagaimana kesiapan guru Sejarah SMA Negeri pada Kompetensi Pedagogik dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di Kabupaten Kendal? (2) Bagaimana pelaksanaan Kurikulum 2013 pada SMA Negeri di Kabupaten Kendal? (3) Apa kendala yang dihadapi guru sejarah SMA Negeri dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di Kabupaten Kendal? Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di empat SMA Negeri di Kabupaten Kendal yakni SMA Negeri 1 Kendal, SMA Negeri 1 Weleri, dan SMA Negeri 1 Kaliwungu dan SMA Negeri 1 Boja. Sumber data yang digunakan yaitu (1) observasi, (2) informan, (3) dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik yaitu (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Analisis yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru-guru di empat SMA Negeri di Kabupaten Kendal dapat dikatakan cukup siap dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. Pelaksanaan Kurikulum 2013 di empat SMA Negeri di Kabupaten Kendal dapat dikatakan cukup lancar. Kendala yang muncul dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di empat SMA Negeri di Kabupaten Kendal diantaranya: dalam aspek penilaian yang cukup rumit dan ketersediaan buku/sumber belajar yang masih kurang. Simpulannya guru-guru sejarah di empat SMA Negeri di kabupaten Kendal cukup siap dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. Pelaksanaan Kurikulum 2103 di keempat SMA Negeri di Kabupaten Kendal terbilang lancar. Namun tetap muncul kendala-kendal dalam pelaksanaannya baik internal maupun eksternal. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: penyediakan sumber-sumber kepustakaan dan literatur serta buku perundang-undangan tentang Kurikulum dan sistem pendidikan Indonesia sebagai landasan dasar dan dasar pijak opersional kurikulum 2013 guru untuk mempermudah dalam memahami kurikulum. Pengadaan pelatihan dan pendampingan mengenai Kurikulum 2013 secara rutin dan berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan, Guru, Kurikulum, Kompetensi pedagogik
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 03:06
Last Modified: 10 Nov 2015 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20386

Actions (login required)

View Item View Item