PENGEMBANGAN SIKAP SOSIAL SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 9 SEMARANG


Emy Widoretno, 3301411087 (2015) PENGEMBANGAN SIKAP SOSIAL SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 9 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3301411087-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam perkembangan anak ketika melewati masa remaja adalah moment yang tepat untuk mengembangkan segala potensi diri dalam rangka mencari nilainilai kehidupan. Namun hal tersebut juga merupakan tanggung jawab orang tua serta orang-orang yang lebih dewasa yang berada di sekitarnya. SMP Negeri 9 Semarang adalah salah satu lembaga pendidikan formal yang memandang perlu adanya suatu pendidikan karakter yang dapat mengembangkan potensi yang dimiliki anak dalam hal ini peserta didik. Untuk itu, SMP Negeri 9 Semarang tidak hanya memberikan pendidikan karakter melalui pembelajaran di kelas saja, tetapi juga pada kegiatan esktrakurikuler kepramukaan. Tujuan dari ekstrakurikuler kepramukaan ini yaitu memberikan pengetahuan dan pendidikan karakter melalui pendidikan kepramukaan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui jenis karakter sikap sosial pada kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di SMP Negeri 9 Semarang, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pengembangan sikap sosial sebagai pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di SMP Negeri 9 Semarang, (3) Mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang menjadi penghambat dan pendukung pengembangan sikap sosial sebagai pendidikan karakter pada ekstrakurikuler kepramukaan di SMP Negeri 9 Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 9 Semarang. Fokus penelitian ini adalah jenis karakter sikap sosial yang dikembangkan pada kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan, pelaksanaan pengembangan sikap sosial sebagai pendidikan karakter pada ekstrakurikuler kepramukaan, hambatan-hambatan dan dukungan yang dihadapi dalam pengembangan sikap sosial sebagai pendidikan karakter pada ekstrakurikuler kepramukaan di SMP Negeri 9 Semarang. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina ekstrakurikuler kepramukaan, dan peserta ekstrakurikuler kepramukaan. Sumber data sekundernya adalah dokumentasi dan buku yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mendapatkan keabsahan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik Triangulasi Sumber sebagai teknik pemeriksaan data. Dalam penelitian ini analisis yang digunakan bersifat deskriptif analisis yang digunakan dengan 4 tahap antara lain (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan atau verifikasi data.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sikap Sosial, Ekstrakurikuler Kepramukaan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 02:59
Last Modified: 10 Nov 2015 02:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20385

Actions (login required)

View Item View Item