PENGGUNAAN PERAGA SISTEM PENGAPIAN SEPEDA MOTOR CDI-DC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI IDENTIFIKASI SISTEM PENGAPIAN


Tahroni, 5201410035 (2015) PENGGUNAAN PERAGA SISTEM PENGAPIAN SEPEDA MOTOR CDI-DC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI IDENTIFIKASI SISTEM PENGAPIAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5201410035-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa terhadap perlakuan pemberian peraga sistem pengapian sepeda motor CDI-DC dalam pembelajaran. Penelitian menggunakan desain eksperimen jenis control group pre test-post test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 10 Semarang yang berjumlah 61 siswa terbagi dalam dua kelas yaitu XI TSM 1 dan XI TSM 2. Penelitian diambil berdasarkan total sampling/sampling jenuh dengan siswa kelas XI TSM 1 sejumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI TSM 2 sejumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis data menunjukan bahwa hasil belajar materi identifikasi sistem pengapian sebelum menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC (pre test) hasilnya tidak ada perbedaan. Sedangkan hasil belajar materi identifikasi sistem pengapian sepada motor CDI-DC setelah menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC (post test) terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya rata-rata hasil belajar siswa yang tanpa menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC sebesar 64,33 dan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC sebesar 82,95 dengan demikian ada pengaruh menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peraga Pembelajaran, Sistem Pengapian CDI-DC, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 10 Nov 2015 02:59
Last Modified: 10 Nov 2015 03:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20384

Actions (login required)

View Item View Item