KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA TINGKAT SMA DI KABUPATEN JEPARA


Teguh Sulaksono, 3301411084 (2015) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA TINGKAT SMA DI KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3301411084-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Peraturan Menteri No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, bahwa setiap guru wajib memenuhi standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru yang berlaku secara nasional. Kompetensi guru yang dimaksud meliputi konpetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Kompetensi pedagogik diperlukan dalam implementasi Kurikulum 2013 yang merupakan kurikulum baru sebagai penganti Kurikulum KTSP 2006. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimana kompetensi pedagogik yang dimiliki guru PPKn di Kabupaten Jepara dengan tuntutan kurikulum 2013; (2) Apa saja hambatan guru PPKn di Kabupaten Jepara dalam implementasi kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru PPKn di Kabupaten Jepara dengan tuntutan kurikulum 2013; (2) Untuk mengetahui hambatan guru PPKn di Kabupaten Jepara dalam implementasi kurikulum 2013. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru PPKn di Kabupaten Jepara. Fokus penelitian ini adalah; (1) Kompetensi pedagogok yang dimiliki guru PPKn di Kabupaten Jepara dengan tuntutan Kurikulum 2013; (2) Hambatan guru PPKn di Kabupaten Jepara dalam implementasi Kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Guru PPKn di Kabupaten Jepara sudah menguasai kompetensi pedagogik. Isi kompetensi pedagogik yang paling dikuasai oleh guru PKn adalah menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Aspek yang paling sulit untuk diaplikasikan oleh guru adalah melakukan tindakan reflektif dengan wujud PTK. Selain kedua aspek tersebut, guru PPkn di Kabupaten Jepara sudah mengimplementasikan Kurikulum 2013 dengan baik, implementasi kurikulum 2013 dumulai tahun 2013 sampai sekarang. Hambatan dalam proses pembelajaran berbasik K-13 di dalam kelas berasal dari peserta didik, meliputi kesiapan peserta didik terhadap materi yang diberikan oleh guru hal ini dikarenakan siswa tidak belajar materi yang akan diberikan, Siswa yang kekurangan motivasi dalam belajar, yakni keadaan atau kondisi siswa yang kurang bersemangat dalam belajar dan bermalas-malasan. Saran penelitian: 1) guru PPKn perlu menambah inovasi-inovasi dalam proses pembelajaran yang bertujuan membuat proses pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan. 2) guru PPKn perlu mengikuti pelatihan pengembanganpengembangan kompetensi guru yang diselenggarakan oleh dinas terkait. 3) Untuk Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jepara agar turut andil dalam mengurangi kendala-kendala yang dihadapi guru PPKn dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru PPKn di Kabupaten.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kompetensi pedagogik, guru PPKn, implementasi kurikulum 2013
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 02:55
Last Modified: 10 Nov 2015 02:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20383

Actions (login required)

View Item View Item