PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS KELAS III SDN PLALANGAN 04 SEMARANG


SAMUEL DWI CHRISTYONO, 1401411352 (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS KELAS III SDN PLALANGAN 04 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411352-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

IPS adalah ilmu yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Kualitas pembelajaran IPS dapat ditingkatkan. Dalam penelitian ini peningkatan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktifitas siswa, dan hasil belajar. Berdasarkan pengalaman langsung ketika melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di kelas III SDN Plalangan 04 Semarang, peneliti menemukan adanya beberapa permasalahan pada pembelajaran I PS. Guru kurang bervariasi dalam menggunakan model pembelajaran, dan kurangnya media pembelajaran yang menarik, sehingga siswa kurang antusias dan cepat merasa bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Berdasarkan diskusi yang peneliti lakukan bersama guru mitra dalam pembelajaran I PS kelas III SDN Plalangan 04, telah menetapkan model Mind Mapping sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Rumusan masalah penelitian adalah “bagaimanakah cara menerapan pembelajaran kooperatif model mind mapping untuk meningkatan hasil belajar IPS kelas III SDN Plalangan 04 Semarang?” Tujuan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui pembelajarn kooperatif model mind mapping pada siswa kelas III. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus, setiap siklus 1 kali pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes (observasi, wawancara, dokumentasi). Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru siklus I skor 26 kriteria baik, siklus II skor 28 kriteria baik, dan siklus III skor 33 kriteria sangat baik; (2) aktivitas siswa siklus I skor 20 dengan kriteria baik, siklus II skor 24 dengan kriteria sangat baik, dan siklus III skor 26 kriteria sangat baik; (3) ketuntasan klasikal siklus I adalah 60%, siklus II menjadi 73,7%, dan siklus III menjadi 81,6%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model mind mapping dapat meningkatkan kualitas pembelajaran I PS Siswa Kelas III SDN Plalangan 04 Semarang. Saran peneliti adalah hendaknya menerapkan model Mind Mapping sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping; IPS; kualitas pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 02:50
Last Modified: 10 Nov 2015 02:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20379

Actions (login required)

View Item View Item