PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS IV-A SD ISLAM HIDAYATULLAH


Annisa Nuur Fitriana, 1401411349 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS IV-A SD ISLAM HIDAYATULLAH. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411349-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan pembelajaran Bahasa di Kelas IV-A SD Islam Hidayatullah terutama pada aspek menulis. Pada pelaksanaan pembelajaran, guru belum menggunakan model pembelajaran menulis dan media yang dapat memudahkan siswa dalam mendeskripsikan suatu objek sehingga siswa kesulitan menyatakan kosakata yang dikuasai, kurang optimal dalam mendiskripsikan suatu objek, serta belum bisa menggunakan ejaan dan tanda baca yang tepat. Permasalahan tersebut didukung data hasil keterampilan menulis deskripsi siswa yang kurang maksimal. Dari data yang diperoleh, 47% siswa kelas IV-A SD Islam mendapatkan skor dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 67. Rumusan masalah penelitian ini adalah “bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran menulis deskripsi pada siswa kelas IV-A SD Islam Hidayatullah?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis deskripsi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus. Tahapan tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV-A SD Islam Hidayatullah. Variabel penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, da keterampilan menulis deskripsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) keterampilan guru mencapai kategori sangat baik dan dinyatakan berhasil; (2) aktivitas siswa mencapai kategori baik dan dinyatakan berhasil; (3) keterampilan menulis deskripsi pada siklus I mencapai ketuntasan klasikal 64,7 %, kemudian siklus II meningkat menjadi 82,3%, dan siklus III meningkat menjadi 91,2%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model concept sentence berbantuan media flash card dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV-A SD Islam Hidayatullah. Saran bagi guru adalah guru harus melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai alokasi waktu yang ditetapkan, sehingga pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: concept sentence; deskripsi; flash card; keterampilan menulis
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 02:42
Last Modified: 10 Nov 2015 02:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20373

Actions (login required)

View Item View Item