PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PANGGUNG 5 KOTA TEGAL


Mauliya Hardhini, 1401411345 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PANGGUNG 5 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411345-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar menulis narasi siswa kelas IV SD Negeri Panggung 5 Kota Tegal pada tahun pelajaran 2014/2015 belum maksimal. Hal tersebut disebabkan siswa masih mengalami kesulitan belajar. Siswa mengalami kesulitan belajar dalam menemukan ide yang akan ditulis dan menuliskan ide tersebut dalam bentuk kata-kata. Untuk menyelesaikan masalah tersebut yakni dengan menggunakan media audio visual. Guru dapat menggunakan media audio visual untuk membantu siswa memperoleh ide yang akan ditulis dalam bentuk narasi. Apabila hal tersebut dilakukan maka akan membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan bermakna. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri Panggung 5 Kota Tegal tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 29 orang. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu skor performansi guru minimal B (71), persentase keaktifan siswa minimal 75%, dan rata-rata nilai hasil belajar siswa minimal 65, dengan persentase ketuntasan klasikal minimal 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai performansi guru 90,52 (A). Persentase keaktifan siswa sebesar 73,31%, dan rata-rata nilai hasil belajar siswa 72,27 dengan ketuntasan belajar klasikal 70,37%. Pada siklus II nilai performansi guru 95,07 (A), persentase keaktifan siswa sebesar 75%. Rata-rata nilai hasil belajar siswa 74,23 dengan ketuntasan belajar klasikal 76,92%. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Bagi guru hendaknya selalu berusaha melakukan inovasi untuk memilih media pembelajaran seperti menerapkan media audio visual dalam pembelajaran menulis narasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menulis narasi, Media audio visual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 02:37
Last Modified: 10 Nov 2015 02:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20370

Actions (login required)

View Item View Item