PENGARUH TEKNIK RELAKSASI NAFAS DALAM SEBAGAI TERAPI TAMBAHAN TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI TINGKAT 1 (Studi Kasus di Instalasi Rawat Jalan Poli Spesialis Penyakit Dalam RSUD Tugurejo Semarang)

Dian Wisnu Wardani, 6411411062 (2015) PENGARUH TEKNIK RELAKSASI NAFAS DALAM SEBAGAI TERAPI TAMBAHAN TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI TINGKAT 1 (Studi Kasus di Instalasi Rawat Jalan Poli Spesialis Penyakit Dalam RSUD Tugurejo Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1996Kb)

    Abstract

    Pengaruh teknik relaksasi nafas dalam terhadap penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi tingkat 1 merupakan permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah Quasy experimental dengan rancangan non-equivalent pre test and post test control group design. Sampel penelitian diambil dengan cara purposive sampling yaitu sebanyak 36 pasien rawat jalan dengan hipertensi tingkat 1 yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi selama bulan November 2014-Februari 2015. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t berpasangan dan uji Wilcoxon. Dari hasil penelitian diperoleh p value perbedaan selisih tekanan darah sistolik (pre test-post test) pada kelompok perlakuan dan kontrol dengan menggunakan uji Wilcoxon sebesar 0,00 (p < 0,05). Sedangkan nilai p value perbedaan selisih tekanan darah diastolik (pre test-post test) pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan menggunakan uji t berpasangan sebesar 0,00 (p < 0,05). Pengaruh teknik relaksasi nafas dalam terhadap penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi tingkat 1 merupakan permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah Quasy experimental dengan rancangan non-equivalent pre test and post test control group design. Sampel penelitian diambil dengan cara purposive sampling yaitu sebanyak 36 pasien rawat jalan dengan hipertensi tingkat 1 yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi selama bulan November 2014-Februari 2015. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t berpasangan dan uji Wilcoxon. Dari hasil penelitian diperoleh p value perbedaan selisih tekanan darah sistolik (pre test-post test) pada kelompok perlakuan dan kontrol dengan menggunakan uji Wilcoxon sebesar 0,00 (p < 0,05). Sedangkan nilai p value perbedaan selisih tekanan darah diastolik (pre test-post test) pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan menggunakan uji t berpasangan sebesar 0,00 (p < 0,05).

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: hipertensi, teknik relaksasi nafas dalam hypertension, deep breathing relaxation technique
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
    R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
    R Medicine > RT Nursing
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
    Depositing User: muhamad slamet unnes
    Date Deposited: 09 Nov 2015 21:39
    Last Modified: 09 Nov 2015 21:39

    Actions (login required)

    View Item