PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MEDIA POWERPOINT DI SDN TAMBAKAJI 03 KOTA SEMARANG


BAYU PUTRA PRATAMA, 1401411339 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MEDIA POWERPOINT DI SDN TAMBAKAJI 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411339-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

IPS adalah ilmu yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Kualitas pembelajaran IPS dapat ditingkatkan. Dalam penelitian ini peningkatan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktifitas siswa, dan hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi di kelas V SDN Tambakaji 03 Kota Semarang, terdapat masalah kualitas pembelajaran IPS yang belum maksimal. Hasil evaluasi mata pelajaran IPS pada siswa kelas V semester I SDN Tambakaji 03 Kota Semarang tahun pelajaran 2014/2015, dari 40 siswa terdapat 25 siswa yang nilainya masih di bawah KKM (65), dan hanya 15 siswa yang tuntas. Diperlukan suatu perbaikanpembelajaranmelalui penerepan model pembelajaran Examples Non Examples dengan media powerpoint. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah model Examples Non Examples dengan media powerpoint dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Tambakaji 03 Kota Semarang?”. Tujuan penelitian ini adalah melalui model Examples Non Examples dengan media powerpoint dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas V SDN Tambakaji 03 Kota Semarang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pembelajaran dan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Tambakaji 03 Kota Semarang sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilitian keterampilan guru siklus I memperoleh kriteria baik, siklus II memperoleh kriteria sangat baik, siklus III memperoleh kriteria sangat baik. Aktifitas siswa siklus I memperoleh kriteria baik, siklus II memperoleh kriteria baik, pada siklus III memperoleh kriteria sangat baik. Hasil belajar siklus I memperoleh kriteria baik, siklus II memperoleh kriteria baik, dan mengalami peningkatan pada siklus III memperoleh kriteria sangat baik. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Examples Non Examples dengan media powerpoint dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Tambakaji 03 Kota Semarang. Saran peneliti adalah hendaknya menerapkan model Examples Non Examples dengan media powerpoint sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Examples Non Examples; IPS; kualitas pembelajaran; powerpoint
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 02:31
Last Modified: 10 Nov 2015 02:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20366

Actions (login required)

View Item View Item