PENGARUH PEMANFAATAN VIDEO EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI/IPS DI SMA NEGERI 1 BANDAR TAHUN AJARAN 2014/2015

Tabah Listiyanto, 3101410058 (2014) PENGARUH PEMANFAATAN VIDEO EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI/IPS DI SMA NEGERI 1 BANDAR TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2445Kb)

    Abstract

    Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh pemanfaatan video edukasi sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar sejarah siswa kelas XI/IPS SMA Negeri 1 Bandar tahun ajaran 2014/2015 ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan video edukasi sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar sejarah siswa kelas XI/IPS SMA Negeri 1 Bandar tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain korelasi product moment. Dalam penelitian ini diambil sampel penelitian adalah kelas XI/IPS III yang berjumlah 34 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik simple random sampling karena pengambilan anggota sampel di dalam populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Cara demikian dilakukan bila anggota populasi dianggap homogen. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket atau kuisioner, Jenis kuisioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup, yaitu angket yang memungkinkan responden hanya memilih alternatif jawaban yang telah disediakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah dengan pemanfaatan video edukasi sebagai media pembelajaran sejarah mampu memberikan motivasi belajar secara signifikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan statistik dari data yang didapat dilapangan menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pemanfaatan video edukasi sebagai media pembelajaran sejarah mempengaruhi motivasi belajar sebesar 44,1% dan sisanya 55,9% ditentukan oleh faktor lain. Pembelajaran dengan pemanfaatan video edukasi yang berisi materi peristiwa Rengasdengklok dalam hubungannya dengan perumusan naskah teks proklamasi adalah salah satu alternatif guna menunjang semangat belajar para siswa. Video edukasi sangat baik diterapkan dalam pembelajaran sejarah agar pembelajaran menjadi tidak membosankan dan siswa memiliki semangat untuk belajar, namun video edukasi juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: video edukasi
    Subjects: UNSPECIFIED
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
    Depositing User: muhammad farhan unnes
    Date Deposited: 09 Nov 2015 21:43
    Last Modified: 09 Nov 2015 21:43

    Actions (login required)

    View Item