PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL CTL BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SDN SEKARAN 02 KOTA SEMARANG
Nurvima Ardianing Tyas, 1401411338 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL CTL BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SDN SEKARAN 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas SDN Sekaran 02 Semarang menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran IPA masih rendah. Hal tersebut dikarenakan guru belum berperan secara optimal sebagai fasilitator dalam menyiapkan alat peraga dan LKK sehingga siswa tidak dapat menemukan pengetahuannya sendiri, selama proses pembelajaran siswa kurang terampil dalam bertanya, selain itu belum terciptanya kondisi masyarakat belajar yang menyebabkan tidak adanya percobaan atau pemodelan yang dilakukan oleh siswa agar pembelajaran terlihat lebih nyata, disamping itu tidak adanya refleksi dari guru terhadap siswanya di akhir pembelajaran sehingga materi pembelajaran tidak terserap sepenuhnya oleh siswa, serta penilaian yang dilakukan oleh guru hanya pada hasil belajar saja, sedangkan dalam proses pembelajarannya tidak dilakukan penilaian sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan siswa menjadi kurang bermakna. Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah model CTL berbantuan media Audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang terdiri atas keterampilan guru, aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Sekaran 02 Semarang? Tujuan penelitian adalah: meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, respon siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa melalui model CTL berbantuan media audiovisual. Rancangan penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing terdiri dari satu pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 28 siswa (10 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non-tes (observasi dan catatan lapangan). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 30 (baik), siklus II memperoleh skor 32 (baik) dansiklus III memperoleh skor 35 (sangat baik); (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 31 (baik), pada siklus II memperoleh skor 31.9 (baik) dan siklus III memperoleh skor 35 (sangat baik); (3) Respon siswa pada siklus I memperoleh skor 109 (baik), pada siklus II memperoleh skor 112 (baik), pada siklus III memperoleh skor 115 (sangat baik) (4)Hasil belajar dengan ketuntasan klasikal pada siklus I 50% (tidak tuntas), meningkat pada siklus II menjadi 64% (tidak tuntas), dan siklus III meningkat menjadi 82% (tuntas). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa indikator keberhasilan telah tercapai sehingga peneliti dinyatakan berhasil. Simpulan dari penelitian adalah melalui model CTL berbantuan media Audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar IPA. Saran yang diberikan yaitu pada penelitian selanjutnya dapat diterapkan dengan menggunakan model CTL berbantuan media audiovisual dalam pembelajaran IPA karena dalam pembelajarannya mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi nyata sehingga pembelajaran lebih bermakna
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Audiovisual; CTL; IPA; Kualitas; Pembelajaran. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | cahyo fajar unnes |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 02:24 |
Last Modified: | 10 Nov 2015 02:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20359 |
Actions (login required)
View Item |