HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DENGAN SIKAP SOLIDARITAS SOSIAL PADA SISWA MTs NEGERI 02 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Ratih Purwanti, 3301411065 (2015) HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DENGAN SIKAP SOLIDARITAS SOSIAL PADA SISWA MTs NEGERI 02 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3301411065-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang dirancang untuk menjadikan siswa sebagai warga negara yang peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Sikap solidaritas sosial merupakan salah satu sikap yang ada dalam pembelajaran PPKn. Hal ini akan berhubungan dengan prestasi belajar PPKn karena didalam prestasi belajar dapat melihat bagaimana penguasaan siswa terhadap pengetahuan, sikap dan ketrampilan mata pelajaran PPKn. Berdasarkan latar belakang diatas, permasalahan yang diambil adalah 1) bagaimana Prestasi belajar PPKn siswa MTs Negeri 02 Semarang, 2) bagaimana sikap solidaritas sosial siswa MTs Negeri 02 Semarang, dan 3) adakah hubungan antara prestasi belajar PPKn dengan sikap solidaritas pada sosial siswa MTs Negeri 02 Semarang.Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui Prestasi belajar PPKn siswa MTs Negeri 02 Semarang, 2) untuk mengetahui sikap solidaritas sosial siswa MTs Negeri 02 Semarang, dan 3) untuk mengetahui Adakah hubungan antara prestasi belajar PPKn dengan sikap solidaritas sosial pada siswa MTs Negeri 02 Semarang. Populasidalampenelitianini adalah siswa kelas VII dan VIII MTs Negeri 02 Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015 berjumlah 428 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik sampling acak berstrata, sehingga responden berjumlah 191 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dan sikap solidaritas sosial yang dimiliki siswa.Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan kuesioner. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif dan teknik korelasi. Hasil penelitian menunjukkanrata-rata prestasi belajar PPKn siswa MTs Negeri 02 Semarang adalah 76,53 yang termasuk dalam kategori baik. Rata-rata sikap solidaritas sosial siswa adalah 110,86 yang termasuk dalam kategori cukup baik. Hasil uji korelasi menunjukkan nilai nilai r sebesar 0,226 dengan taraf kepercayaan 95% r tabel 0,148, maka r hitung (0,226) > r tabel (0,148)jadi Ha diterima artinya terdapat hubungan antara prestasi belajar PPKn dengan sikap solidaritas sosial pada siswa. itas sosial pada siswa. Simpulan dalam penelitian ini adalah 1) Hasil analisis dekriptif mengenai Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di MTs Negeri 02 Semarang menunjukkan bahwa rata-rata siswa mempunyai prestasi belajar dalam kategori baik. 2)Hasil analisis dekriptif mengenai sikap solidaritas sosial siswa di MTs Negeri 02 Semarang menunjukkan bahwa rata-rata siswa mempunyai sikap solidaritas sosial yang cukup baik. 3) Hasil analisis korelasi antara prestasi belajar PPKn dengan sikap solidaritas sosial siswa MTs Negeri 02 Semarang menunjukkan bahwa adanya hubungan antara prestasi belajar PPKn dengan sikap solidaritas sosial siswa MTs Negeri 02 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Angka korelasi yang positif menujukkan bahwa hubungan antara prestasi belajar PPKn dengan sikap solidaritas siswa searah, artinya jika prestasi belajar PPKn baik maka sikap solidaritas sosial siswa juga baik. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Kepada guru diharapkan dapat meningkatkan cara mengajar nya dengan menyeimbangkan pembelajaran kognitif dan afektif sehingga prestasi belajar siswa baik dan sikap solidaritas sosial siswa juga baik, 2) Kepada siswa untuk dapat meningkatkan prestasi belajar PPKn karena secara tidak langsung dengan meningkatnya prestasi belajar PPKn dapat menumbuhkan sikap solidaritas sosial siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, PPKn,Solidaritas Sosial
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 02:20
Last Modified: 10 Nov 2015 02:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20358

Actions (login required)

View Item View Item