PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR GUGUS SADEWA DAN BIMA KECAMATAN KUTOWINANGUN KABUPATEN KEBUMEN


Misi Afriyanti, 1401411337 (2015) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR GUGUS SADEWA DAN BIMA KECAMATAN KUTOWINANGUN KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411337-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kinerja guru dalam mengajar merupakan prestasi kerja guru selama melakukan tugas dan tanggungjawabnya sebagai pengajar di kelas. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja guru yaitu kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi guru dimana kompetensi ini sangat berperan dalam keberhasilan proses belajar mengajar. Perbedaan kompetensi yang dimiliki oleh guru menyebabkan kinerja masing-masing guru juga berbeda. Seperti halnya di Sekolah Dasar Gugus Sadewa dan Bima Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, dalam penelitian ini akan dibahas mengenai, (1) tingkat kompetensi pedagogik guru, (2) tingkat kinerja guru, (3) pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru, (4) seberapa besar pengaruh kompetensi pedago gik terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode survey deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitan yaitu seluruh guru Sekolah Dasar Gugus Sadewa dan Bima Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen yang berjumlah 79 guru. Sampel penelitian sebanyak 62 guru yang ditentukan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Variabel penelitian yang menjadi kajian dalam penelitian ini meliputi kompetensi pedagogik sebagai variabel bebas dan kinerja guru dalam mengajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Perhitungan uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan linier sehingga teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kompetensi pedagogik guru dalam kategori sangat kuat dengan persentasenya sebesar 81,98%, (2) tingkat kinerja guru dalam mengajar termasuk dalam kategori sangat kuat dengan persentasenya sebesar 82,29%, (3) ada pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Gugus Sadewa dan Bima Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. (4) besarnya jumlah sumbangan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Gugus Sadewa dan Bima Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen sebanyak 36,9%, yang ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (R 2 ) yaitu 0,369

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Kinerja Guru
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 02:16
Last Modified: 10 Nov 2015 02:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20356

Actions (login required)

View Item View Item