UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS X 7 SMA NEGERI 12 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Ahmad Furqon Nur Satria Aji, 3101408025 (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS X 7 SMA NEGERI 12 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1166Kb)

    Abstract

    Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa melalui model Student Teams Achievement Division pada siswa kelas X di SMA Negeri 12 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Lokasi penelitian di SMA 12 Semarang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik yaitu (1) observasi, (2) dokumentasi, (3) tes akhir siklus. Analisis yang dilakukan menggunakan analisis rata-rata nilai kelas, ketuntasan belajar secara klasikal, hasil observasi keaktifan siswa, dan hasil angket tanggapan tentang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebelum tindakan dan setelah dilakukan tindakan pada akhir siklus I denga nilai rata-rata dan presentase ketuntasan belajar sudah meningkat dari data awal yaitu dari nilai rata-rata 62,86 menjadi 68,29 dengan nilai KKM 70 dan ketuntasan secara klasikal dari 40,00 % menjadi 51,43%. Pada siklus II nilai rata rata dan presentase ketuntasan belajar sudah meningkat dari data awal yaitu dari nilai rata-rata 68,29 menjadi 80,57 dengan nilai KKM 70 dan ketuntasan secara klasikal dari 51,43% menjadi 82,86%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada siklus II hasil belajar sejarah sudah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yaitu 80 % siswa belajar tuntas. Simpulannya berdasarkan observasi, penelitian, pembahasan, dan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah melalui model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X 7 SMA Negeri 12 Semarang. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: guru sejarah dapat menggunakan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) sebagai salah satu alternatif pilihan dalam pembelajaran sejarah. Penggunaan model pembelajaran yang memiliki unsur kooperatif sehingga hasil belajar dapat merata hasilnya. Guru sejarah harus selalu memberikan sikap positif atau penghargaan kepada setiap aktivitas siswa pada proses pembelajaran sejarah, karena dapat memicu siswa untuk selalu belajar giat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kesiapan, Guru, Kurikulum, Kompetensi pedagogik
    Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 09 Nov 2015 20:55
    Last Modified: 09 Nov 2015 20:55

    Actions (login required)

    View Item