PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 12 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Aan Setiawan, 3101408008 (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 12 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1432Kb)

    Abstract

    Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran dengan metode Mind Mapping pada pembelajaran sejarah kelas XI IPS SMA NEGERI 12 SEMARANG dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan, pembelajaran dengan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar sejarah siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif jenis eksperimen.. Lokasi penelitian di SMA 12 Semarang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik yaitu (1) dokumentasi, (2) tes. Analisis yang dilakukan menggunakan analisis tahap awal dan analisis tahap akhir, analisis tahap awal dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan analisis tahap akhir menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji regresi. Kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2 dipilih sebagai sampel penelitian berdasarkan observasi yang dilaksanakan sebelumnya, adapun kelas XI IPS 1 sebagai kelas control, kemudian kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas memliki jumlah siswa yang sama yakni 34 siswa. Kedua kelas mendapatkan perlakuan berbeda, kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dalam penyampaian materi menggunakan metode ceramah, dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh hasil belajar sejarah yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping pada kelas XI IPS SMA Negeri 12 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Hasil tersebut ditunjukan dengan hasil perhitungan bahwa signifikansi dari uji t menghasilkan signifikansi 0,000. Artinya hasil tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Simpulan penggunaan model pembelajaran Mind Mapping pada kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Semarang bahwa hasil belajar siswa sebelum diterapkan metode Mind Mapping pada kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Semarang adalah 49,97 meningkat menjadi 80.00 hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa dan ada pengaruh belajar sesudah diterapkannya metode Mind Mapping pada kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Semarang dibandingkan dengan menggunakan metode ceramah dapat dilihat dari hasil perhitungan thitung 12.166 lebih besar dari t tabel 2,032.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Metode Mind Mapping, Hasil Belajar
    Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 09 Nov 2015 20:50
    Last Modified: 09 Nov 2015 20:50

    Actions (login required)

    View Item