KEEFEKTIFAN MODEL PICTORIAL RIDDLE DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KARANGMANYAR KABUPATEN PURBALINGGA


Ratih Sulistiyani, 1401411330 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PICTORIAL RIDDLE DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KARANGMANYAR KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411330-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan pembelajaran IPS di sekolah dasar ialah untuk mengembangkan potensi siswa agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Agar tujuan pembelajaran IPS dapat tercapai dengan optimal, maka dibutuhkan proses pembelajaran yang mendukung keberhasilan. Model pembelajaran Pictorial Riddle merupakan salah satu model yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar menggunakan model Pictorial Riddle dengan model konvensional, pada mata pelajaran IPS materi uang dan pengelolaan uang tema permainan pada kelas III SD Negeri 1 Karangmanyar Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh, sehingga jumlah sampel sama dengan jumlah populasi, yaitu 48 siswa, terdiri dari 24 siswa kelas III SDN 1 Karangmanyar sebagai kelas eksperimen dan 24 siswa kelas III SDN 2 Grecol sebagai kelas kontrol. Analisis statistik yang digunakan yaitu product moment untuk uji validitas dan cronbach’s alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Metode Lilliefors untuk menguji normalitas data, Levene’s test untuk uji homogenitas, dan independent samples t test untuk uji hipotesis. Semua penghitungan diolah dengan menggunakan SPSS versi 20. Berdasarkan hasil uji hipotesis data hasil belajar siswa, menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,191 > 2,013) dan signifikansinya 0,003 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang menggunakan model Pictorial Riddle dengan model konvensional. Hasil uji keefektifan menggunakan one sample t test menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,928> 2,069) dan signifikansinya 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang menggunakan model Pictorial Riddle lebih baik daripada model konvensional. Dengan kata lain, model pembelajaran Pictorial Riddle efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi uang dan pengelolaan uang tema permainan pada kelas III SD Negeri 1 Karangmanyar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran Pictorial Riddle dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi uang dan pengelolaan uang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS; IPS, model pembelajaran Pictorial Riddle
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 01:56
Last Modified: 10 Nov 2015 01:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20344

Actions (login required)

View Item View Item