SERAT DONGA KHASAH DALAM KAJIAN FILOLOGIS

Ana Shofiana, 2611411020 (2015) SERAT DONGA KHASAH DALAM KAJIAN FILOLOGIS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1967Kb)

    Abstract

    Banyak naskah Jawa yang tersimpan di perpustakaan baik di dalam maupun di luar negeri, serta banyak pula naskah-naskah Jawa yang masih disimpan secara perorangan sebagai koleksi pribadi. Namun demikian, masih banyak naskah-naskah yang belum diteliti, sehingga belum banyak dipublikasikan. Salah satu naskah yang perlu dipublikasikan adalah naskah Donga Khasah (DK) yang tersimpan di Perpustakaan Museum Sonobudaya Yogyakarta. Naskah ini adalah naskah Jawa berhuruf Arab-Pegon yang memuat ajaran Islam tentang doa yang bermanfaat bagi umat. Melalui kajian secara filologis, naskah ini diteliti agar dapat diaplikasikan ke dalam kehidupan modern sekarang ini. Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum adanya kajian secara filologis terhadap naskah DK. Untuk itu, perlu dilakukan penelitian terhadap teks DK. Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah Donga Khasah nomor 147 16. Naskah ini merupakan satu-satunya data, karena tidak ditemukan data lain dalam proses inventarisasi naskah yang sudah dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode edisi naskah tunggal. Adapun penerjemahan teks DK dengan menggunakan metode terjemahan bebas, agar hasil terjemahan mudah dipahami oleh pembaca. Hasil penelitian ini adalah sebuah suntingan teks DK yang sesuai dengan cara kerja filologi, yang dilengkapi dengan aparat kritik, dan terjemahan teks dalam bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah Ejaan Yang Disempurnakan Bahasa Jawa. Teks DK merupakan satu doa yang memiliki delapan belas manfaat. Hasil dari penelitian ini dapat ditindak lanjuti dengan penelitian di bidang linguistik dan budaya Jawa. Teks DK dapat dijadikan sumber penelitian di bidang linguistik Jawa terutama berkaitan dengan intervensi bahasa Arab di dalam bahasa Jawa, yaitu pemakaian bahasa di dalam teks DK terdapat kata-kata serapan dari bahasa Arab. Di bidang budaya Jawa teks ini dapat memberikan sumbangan informasi mengenai akulturasi budaya Islam ke dalam masyarakat Jawa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: filologi, Naskah Jawa, Donga Khasah, Suntingan Teks
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1)
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 09 Nov 2015 20:37
    Last Modified: 09 Nov 2015 20:37

    Actions (login required)

    View Item