PENGARUH KEBIASAAN DALAM BELAJAR DAN SIKAP SISWA PADA PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 4 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015

Muhammad Nur Sayfudin, 5101410023 (2015) PENGARUH KEBIASAAN DALAM BELAJAR DAN SIKAP SISWA PADA PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 4 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2452Kb)

    Abstract

    Seseorang yang menginginkan keberhasilan dalam belajar, hendaknya memiliki kebiasaan, sikap, dan tujuan yang baik. Sehingga hal tersebut menjadikan masalah yang penting dan perlu untuk mendapatkan perhatian bagi setiap sekolah. Kebanyakan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran Mekanika Teknik, pelajaran yang berkaitan dengan rumus dan hitungan. Kesulitan tersebut mungkin disebabkan oleh kebiasaan dalam belajar dan sikap pada pelajaran yang kurang baik, sehingga materi pelajaran tidak dapat tertanam dengan baikdalam ingatan dan meteri palajaran akan mudah untuk terlupakan, akibatnya prestasi belajar akan menjadi kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikasi pengaruh variabel kebiasaan dalam belajar (X1), sikap pada pelajaran (X2), terhadap prestasi belajar (Y). Jenis penelitian ini merupakan penelitian Ex-post facto dan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah populasi 72 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket untuk mengungkapkan kebiasaan dan sikap serta metode dokumentasi untuk mengungkapkan prestasi belajar. Metode Angket diuji coba menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sebelum melakukan analisis data dilakukan uji asumsi klasik, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda dengan uji-t, uji F dan R2. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kebiasaan belajar berkategori baik (40,3%), sikap pada pelajaran berkategori baik (63,9%), dan prestasi belajar berkategori baik (79,2%). Selanjutnya, dari hasil analisis data dan pembahasan diperoleh persamaan regresi berganda sebagai berikut Y = 45,76 + 0,159 X1 + 0,255 X2 dengan kesimpulan bahwa: 1) terdapat pengaruh kebiasaan dalam belajar yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Mekanika Teknik dengan kontribusi sebesar 15,22%. 2) terdapat pengaruh sikap pada pelajaran yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Mekanika Teknik dengan kontribusi sebesar 22.23%. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan dari kebiasaan dalam belajar dan sikap pada pelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Mekanika Teknik dengan kontribusi sebesar 66,914%.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Belajar, Sikap Belajar, Prestasi Belajar
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    L Education > LC Special aspects of education
    T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 09 Nov 2015 20:43
    Last Modified: 12 Nov 2015 17:46

    Actions (login required)

    View Item