KAJIAN FILOLOGIS URUT -URUTIPUN PANGKATING AKSARA JAWI


Yusuf Saputra, 2611411016 (2015) KAJIAN FILOLOGIS URUT -URUTIPUN PANGKATING AKSARA JAWI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2611411016-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Naskah Urut-urutipun Pangkating Aksara Jawi (UUPAJ) adalah teks yang berisi tentang sejarah perubahan bentuk aksara Jawa yang dahulunya merupakan aksara Dewanagari. Teks UUPAJ juga sedikit menerangkan mengenai kaidah beberapa aksara. Teks UUPAJ dapat digunakan untuk menjelaskan sejarah mengenai bentuk aksara Jawa Kuna sampai aksara Jawa sekarang. Hal tersebut yang melatar belakangi teks UUPAJ menarik untuk diteliti. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana menyajikan teks UUPAJ sesuai dengan kajian filologis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menyajikan teks UUPAJ sesuai dengan kajian filologis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian UUPAJ adalah pendekatan filologi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks UUPAJ. Sumber data diperoleh dari naskah Urut-urutipun Pangkating Aksara Jawi nomor SMP-RP 302 yang tersimpan di Perpustakaan Museum Radyapustaka Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode terjemahan bebas untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi teks UUPAJ. Hasil penelitian setelah dilakukan pencarian informasi di katalog-katalog, menunjukkan bahwa naskah UUPAJ merupakan naskah tunggal. Naskah ini hanya terdapat di Perpustakaan Museum Radyapustaka Surakarta dengan nomor naskah SMP-RP 302, tebal 22 halaman, aksara Jawa, Sansekerta, huruf Latin, Arab, dan ditulis dalam bentuk prosa yang berisi tentang sejarah aksara Jawa dan sedikit tentang aksara Jawa Kuna. Penelitian ini menghasilkan sajian edisi teks UUPAJ sesuai kajian filologis. Peneliti menghadapi kendala dalam menyajikan teks UUPAJ, di antaranya ada kata yang mengalami kesalahan penulisan, seperti kurang atau kelebihan suku kata, dan naskah berlubang. Hal tersebut membuat peneliti harus menafsirkan sesuai dengan konteks kalimat sesudah dan sebelumnya. Selain itu, ada beberapa kata yang sulit dicari padanannya ketika diterjemahkan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar teks UUPAJ dapat menjadi bahan bagi peneliti lainnya dalam melakukan penelitian di bidang yang berbeda namun masih berhubungan dengan hasil penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Filologi, Urut-urutipun Pangkating Aksara Jawi, Suntingan Teks
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1)
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 01:27
Last Modified: 10 Nov 2015 01:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20336

Actions (login required)

View Item View Item