WANDANING RINGGIT WACUCAL DALAM KAJIAN FILOLOGIS


Candi Asri Dewi, 2611411011 (2015) WANDANING RINGGIT WACUCAL DALAM KAJIAN FILOLOGIS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2611411011-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Naskah Wandaning Ringgit Wacucal adalah salah satu naskah Jawa. Naskah tersebut tertulis di dalam katalog Javanese Literature in Surakarta Manuscript yang terdapat di Museum Radya Pustaka. Naskah tersebut berisi tentang ciri-ciri wayang kulit yang disajikan dalam bentuk prosa. Wandaning Ringgit Wacucal belum ditemukan penilitian dalam bentuk filologis. Tujuan dari penelitian ini adalah menyajikan teks naskah Wandaning Ringgit Wacucal menggunakan kajian filologis. Data dalam penelitian ini adalah naskah Wandaning Ringgit Wacucal. Metode yang digunakan adalah metode naskah tunggal. Terjemahan teks dalam naskah Wandaning Ringgit Wacucal menggunakan tejemahan bebas, agar pembaca dapat dengan mudah untuk memahami isi teks. Penelitian naskah Wandaning Ringgit Wacucal ini menggunakan kajian filologi. Naskah Wandaning Ringgit Wacucal merupakan naskah tunggal setelah dilakukan penelusuran di beberapa katalog, dan hanya berada di Museum Radya Pustaka Surakarta. Naskah Wandaning Ringgit Wacucal disimpan dengan nomor kode SMP-RP 244 yang ditulis dengan aksara Jawa. Teks naskah Wandaning Ringgit Wacucal karya R.Ng. Karyarujita ini mendeskripsikan secara rinci setiap bentuk tubuh, bentuk wajah, hingga bentuk gelung yang terdapat pada tubuh wayang tersebut. Terdapat 24 macam wayang yang dideskripsikan berdasarkan bentuk tubuh dari setiap karakter wayang itu sendiri. Penelitian ini menghasilkan edisi teks yang sahih menurut kajian filologis. Terdapat aparat kritik yang disertakan dan teks ini diterjemahkan ke dalam bentuk bahasa Indonesia. Kendala peneliti dalam penyajian teks adalah dengan adanya kata-kata bahasa dalam pewayangan yang susah untuk diartikan. Hasil dari penelitian ini diharapkan agar menjadi acuan untuk peneliti lain dalam bidang yang berbeda yang berhubungan dengan naskah Wandaning Ringgit Wacucal. Penelitian selanjutnya juga bisa menjadikan penelitian ini sebagai acuan di antaranya penelitian sastra dan penelitian linguistik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Filologi, Wandaning Ringgit Wacucal, Transliterasi Teks
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1)
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 01:23
Last Modified: 10 Nov 2015 01:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20335

Actions (login required)

View Item View Item