PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN SALAMAN MLOYO SEMARANG


WIDYA RIANA DEWI, 1401411329 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN SALAMAN MLOYO SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411329-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

IPS merupakan mata pelajaran yang mengkaji masalah-masalah sosial serta bertujuan untuk membina siswa menjadi warga negara yang baik, memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kepedulian sosial. Berdasarkan hasil refleksi awal di kelas IV SDN Salaman Mloyo Semarang ditemukan permasalahan dalam kualitas pembelajaran IPS yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Dari kondisi tersebut, perlu diadakan perbaikan melalui model Think Pair Share dengan media gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kualitas pembelajaran IPS melalui model Think Pair Share dengan media gambar pada siswa kelas IV SDN Salaman Mloyo Semarang?”. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model Think Pair Share dengan media gambar. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Salaman Mloyo Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 26 dengan kategori baik, siklus II memperoleh skor 30 dengan kategori baik, dan siklus III memperoleh skor 37 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 25,04 dengan kategori baik, siklus II memperoleh rata-rata skor 29,04 dengan kategori baik, dan siklus III memperoleh rata-rata skor 33,68 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa siklus I mendapatkan nilai rata-rata 66,9 dengan ketuntasan klasikal sebesar 54,55%, siklus II mendapatkan nilai rata-rata 74,36 dengan ketuntasan klasikal 72,73%, dan siklus III mendapatkan rata-rata sebesar 81,27 dengan ketuntasan klasikal 86,36%. Simpulan dari penelitian ini adalah model Think Pair Share dengan media gambar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Salaman Mloyo Semarang. Saran bagi guru adalah hendaknya guru dalam mengajar menggunakan model dan media pembelajaran yang tepat sehingga kualitas pembelajaran meningkat, salah satunya adalah menggunakan model Think Pair Share dengan media gambar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran IPS, media gambar, model Think Pair Share
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 01:26
Last Modified: 10 Nov 2015 01:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20333

Actions (login required)

View Item View Item