BAHASA JAWA DI KABUPATEN KEBUMEN (KAJIAN SOSIODIALEKTOLOGI)


Arifudin, 2611411009 (2015) BAHASA JAWA DI KABUPATEN KEBUMEN (KAJIAN SOSIODIALEKTOLOGI). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2611411009-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (855kB) | Preview

Abstract

Kabupaten Kebumen terletak di wilayah bagian selatan Provinisi Jawa Tengah atau sebelah barat kota Yogyakarta. Pemakaian bahasa Jawa di Kebumen mayoritas menggunakan bahasa Jawa dialek Banyumasan, tidak menutup kemungkinan terdapat variasi bahasa antara satu tempat dengan tempat yang lainnya yang disebabkan oleh faktor geografis dan faktor sosial. Masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana variasi bahasa Jawa di Kabupaten Kebumen berdasarkan tataran fonologi; (2) bagaimana variasi leksikon (kosakata) bahasa Jawa di Kabupaten Kebumen beradasarkan faktor sosial (usia, pekerjaan dan pendidikan) penutur. Tujuan penelitian ini adalah (1) memperoleh kejelasan deskritif variasi bahasa Jawa di Kabupaten Kebumen berdasarkan tataran fonologi; (2) memperoleh kejelasan deskriptif variasi leksikon (kosakata) bahasa Jawa di Kabupaten Kebumen berdasarkan faktor sosial (usia, pekerjaan dan pendidikan) penutur. Penelitian ini menggunakan pendekatan teoretis sosiolinguistik dan dialektologi. Implikasi dari pendekatan itu adalah penelitian ini memfokuskan kajian pada pemakaian bahasa Jawa di Kabupaten Kebumen dengan melibatkan faktor sosial pemakainya. Secara metodelogis, penelitian ini menggunakan pendekatan sinkronis kualitatif. Data penelitian ini data lisan dan data tulis dengan sumber yang sama yaitu dari penduduk asli Kabupaten Kebumen. Pengambilan data dilakukan di tiga titik pengamatan (TP), yaitu Desa Tunggalroso Kecamatan Prembun, Desa Lohgede Kecamatan Pejagoan, Desa Jatijajar Kecamatan Ayah. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara kemudian teknik catat dan rekam. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan metode padan dengan teknik pilah unsur penentu sebagai teknik dasar. Pemaparan hasil analisis data menggunakan metode formal dan informal. Hasil penelitian pada bahasa Jawa di Kabupaten Kebumen kajian sosiodialektologi yakni (1) variasi bunyi bahasa Jawa di Kebumen berdasarkan faktor sosial pekerjaan, pendidikan dan usia penutur meliputi variasi fonem [a]-[ɔ], [a]-[i], [a]-[ə], [u]-[ʊ], [u]-[ɔ], [u]-[e], [i]-[I], [i]-[e], [e]-[ɛ], [o]-[u], [ɔ]-[a], [b]-[l], [ḍ]-[t], [w]-[m], [w]-[b], [k]-[ʔ]; (2) faktor sosial pekerjaan, pendidikan dan usia mempengaruhi variasi kosakata bahasa Jawa di Kabupaten Kebumen. Hasil penelitian diharapakan dapat menjadi pemicu untuk dilakukan penelitian lanjutan, seperti variasi dalam tataran morfologi. Penelitian lanjutan juga disarankan untuk menggunakan daftar kosakata yang berbeda, karena dapat memunculkan variasi baru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sosiodialektologi, fonologi, variasi bahasa, Kebumen
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1)
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 01:19
Last Modified: 10 Nov 2015 01:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20332

Actions (login required)

View Item View Item