EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE GROUP RESUME MELALUI MEDIA FILM DOKUMENTER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK NEGERI 9 SEMARANG


Isda Septia Puspita, 310141156 (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE GROUP RESUME MELALUI MEDIA FILM DOKUMENTER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK NEGERI 9 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 310141156-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sejarah di SMK Negeri 9 Semarang, peserta didiknyaterlihat kurang antusias, daya kreativitasnya rendah, dan peserta didikbersikap acuh tak acuh. Hal ini disebabkan dengan penggunaanmetode danmodel pembelajaran yang kurang tepat.Perbaikan pembelajaran dapatdimulai dengan penggunaan metode dan mediapembelajaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik terhadapmata pelajaran sejarah Indonesia. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan metode group resumemelalui media film dokumenter dan perbedaan hasil belajar peserta didik .Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMK Negeri 9 Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pola Pretest –Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI yang berjumlah 228 peserta didik terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Sampling.Teknik clustersamplingmerupakan sebuah metode untukmengambil sampel yang terdiri dari kelompok-kelompok.Dalam hal ini kelompok-kelompok yang dimaksud adalah kelas-kelas yang terdiri beberapa peserta didik yang dikelompokkan oleh pihak sekolah kemudan peneliti mengambil dua kelas dari keseluruhan kelas XIyang dijadikan satu kelasXI Pemasaran 3sebagai kelas kontrol dan satu kelasXI Akuntansi 3 sebagai kelas eksperimen. Uji Independent Sample T-test diperoleh perbedaan rata –rata hasil belajar yaitu 25.1834 pada kelas eksperimen jauh lebih besar dari rata –rata kelas kontrol 8.2731.Kelas eksperimen pembelajarannya dengan menggunakan metode group resumesedangkan kelas kontrol meggunakan model jigsaw.Dapat disimpulkan bahwa metode group resumemelalui media film dokumenter efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Saran mengenai penelitian ini yaitu (1) Metode pembelajaran group resumemelalui media film dokumenter dapat dijadikan solusi guru untuk memaksimalkan pembelajaran sejarah Indonesia di dalam kelas. (2)Pembiasaan terhadap peserta didik untuk bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan perlu dilakukan agar peserta didik aktif dan kreatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode Group Resume , Film Dokumenter
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 01:42
Last Modified: 10 Nov 2015 01:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20330

Actions (login required)

View Item View Item