KEEFEKTIFAN MODEL GENERATIVE BERBANTU GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEPANDEAN 03 KABUPATEN TEGAL


Silmy Nauli Izati, 1401411321 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL GENERATIVE BERBANTU GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEPANDEAN 03 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 1401411321-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang mempunyai peran sentral yang menunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pada proses pembelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis, penguasaan bahasa tulis siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga menyebabkan siswa mudah jenuh dan kurang tertarik. Keadaan tersebut berdampak pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai penerapan model Generative berbantu gambar seri dalam pembelajaran menulis narasi di sekolah dasar. Model Generative berbantu gambar seri merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan mengaktifkan pengetahuan siswa dengan dibantu media gambar seri dalam mengembangkan gagasan dalam menulis narasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri Kepandean 03 Kabupaten Tegal sejumlah 56 siswa, terdiri dari 29 siswa kelas IV A, dan 27 siswa kelas IV B. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Desain dari penelitian ini adalah quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control grup design. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, lembar pengamatan aktivitas dan model, dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, homogenitas, dan analisis akhir. Pada analisis akhir (pengujian hipotesis) menggunakan uji-t. Pengujian hipotesis pertama (uji perbedaan) menggunakan independent sample t test melalui program SPSS 20. Hasil pengujian menunjukkan bahwa data aktivitas tidak berdistribusi normal, sehingga menggunakan uji u mann whitney dengan nilai signifikansi 0,003 (0,003 < 0,05). Hasil uji t pada hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,063 > 2,005) dan nilai signifikansi < 0,05 (0,044 < 0,05). Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis narasi dengan model Generative berbantu gambar seri dan model konvensional. Pengujian hipotesis kedua (uji keefektifan), menggunakan uji pihak kanan (polled varian). Berdasarkan hasil pengujian pada aktivitas belajar menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,459 > 2,005). Hasil uji t pada hasil belajar siswa menunjukkan bahwa t hitung > ttabel (2,039 > 2,005). Jadi, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis narasi dengan model Generative berbantu gambar seri lebih tinggi dibandingkan model konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, hasil belajar, media gambar seri, model pembelajaran Generative
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 01:18
Last Modified: 10 Nov 2015 01:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20328

Actions (login required)

View Item View Item