ANALISIS PEMBELAJARAN SENI TARI DI SD INKLUSIF BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS IV DAN V SD NEGERI SLEROK 02 KOTA TEGAL


Astrinuari Primanda, 1401411320 (2015) ANALISIS PEMBELAJARAN SENI TARI DI SD INKLUSIF BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS IV DAN V SD NEGERI SLEROK 02 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411320-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan seni sangat penting bagi siswa, baik siswa reguler maupun siswa berkebutuhan khusus. Pembelajaran Seni Budaya Keterampilan bidang seni tari tidak terselenggara di seluruh SD inklusif Kota Tegal, hanya di satu sekolah saja. Penelitian ini dilakukan di SD Inklusif SD Negeri Slerok 02 Kota Tegal yang menyelenggarakan mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan bidang seni tari. Penelitian ini terfokus pada pembelajaran seni tari di SD inklusif bagi siswa berkebutuhan khusus. Tujuan dari penelitian yaitu : (1) untuk mengetahui proses pembelajaran seni tari di SD inklusif; (2) untuk mengetahui cara pengajaran guru tari di SD inklusif SD Negeri Slerok 02 Kota Tegal; (3) untuk mengetahui proses interaksi siswa berkebutuhan khusus SD Negeri Slerok 02 Kota Tegal saat pembelajaran seni tari, (4) untuk mengetahui nilai yang diperoleh siswa berkebutuhan khusus SD Negeri Slerok 02 Kota Tegal dalam pembelajaran seni tari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian antara lain guru tari SD Negeri Slerok 02 Kota Tegal, siswa IV dan V SD Negeri Slerok 02 Kota Tegal, terutama siswa berkebutuhan khusus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles & Huberman dengan uji validitas menggunakan derajat kepercayaan sedangkan teknik pemeriksaan data menggunakan teknik Triangulasi. Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh hasil bahwa siswa berkebutuhan khusus dalam pembelajaran seni tari memerlukan bantuan, bimbingan dan motivasi agar dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.. Guru tari dalam proses pembelajaran menggunakan metode demonstrasi, hitungan, dan teknik garingan. Interaksii antara siswa berkebutuhan khusus dengan guru dan siswa reguler terjalin baik selama saling menghargai. Penilaian individu ditentukan dari nilai wiraga, wirasa, dan wirama, penilaian kelompok ditentukan dari nilai kekompakkan, sedangkan untuk siswa berkebutuhan khusus ditambahkan kriteria nilai keberanian. Saran bagi pihak guru kelas sebaiknya lebih menambah pengetahuan tentang pendidikan seni dan pihak sekolah dapat menyelenggarakan pelatihan pendidikan seni utuk guru kelas

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Seni Tari, SD Inklusif, Siswa Berkebutuhan Khusus
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 01:09
Last Modified: 10 Nov 2015 01:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20326

Actions (login required)

View Item View Item