KAJIAN FILOLOGIS SERAT SAGUNGING PRALAMBANG ANGAWINAKEN JIWA RAGA


Muhammad Fachrudin, 2611410003 (2015) KAJIAN FILOLOGIS SERAT SAGUNGING PRALAMBANG ANGAWINAKEN JIWA RAGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2611410003-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Naskah Sagunging Pralambang Angawinaken Jiwa Raga merupakan jenis naskah kebatinan yang dimiliki Paguyuban Sumarah. Naskah ini ditulis menggunakan aksara Jawa sehingga untuk memudahkan dalam membaca dan memahami isi naskah maka perlu kajian filologis. Rumusan masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah bagaimana menyajikan teks Serat Sagunging Pralambang Angawinaken Jiwa Raga. Tujuan penelitian ini adalah menyajikan tranliterasi, suntingan, dan terjemahan teks Data penelitian adalah teks Serat Sagunging Pralambang Angawinaken Jiwa Raga. Metode yang digunakan adalah metode naskah tunggal edisi standar. Terjemahan teks Serat Sagunging Pralambang Angawinaken Jiwa Raga menggunakan terjemahan bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa naskah Serat Sagunging Pralambang Angawinaken Jiwa Raga merupakan naskah tunggal. Naskah berjumlah 157 halaman, 60 halaman yang ditulis, dan berbentuk tembang. Teks Serat Sagunging Pralambang Angawinaken Jiwa Raga berisi tentang lambang-lambang dalam dunia kebatinan masyarakat Jawa. Hasil penelitian ini diharapkan bisa menarik pembaca dalam mempelajari naskah Sagunging Pralambang Angawinaken Jiwa Raga. Hasil dari penelitian ini diharapkan menjadi acuan bagi peneliti lain yang berkaitan dengan naskah Serat Sagunging Pralambang Angawinaken Jiwa Raga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Filologi, Serat Sagunging Pralambang Angawinaken Jiwa Raga, Suntingan Teks
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1)
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 00:56
Last Modified: 10 Nov 2015 00:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20320

Actions (login required)

View Item View Item