PENGEMBANGAN MATERI AJAR MENULIS GEGURITAN UNTUK SISWA KELAS IX SMP DI KABUPATEN TEGAL


Indah Rakhmawati, 2601411138 (2015) PENGEMBANGAN MATERI AJAR MENULIS GEGURITAN UNTUK SISWA KELAS IX SMP DI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601411138-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Menulis geguritan merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai siswa kelas I X SMP. Pembelajaran menulis geguritan di SMP Kabupaten Tegal masih belum berhasil dikarenakan guru kurang mengembangkan materi untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis geguritan, siswa kurang menguasai kosakata dalam geguritan, guru dan siswa hanya menggunakan bahan ajar berupa LKS. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan materi ajar pembelajaran menulis geguritan untuk siswa kelas IX SMP di Kabupaten Tegal berdasarkan analisis kebutuhan dan uji validasi. Tujuan penelitian ini dihasilkan materi ajar menulis geguritan untuk siswa kelas I X SMP di Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Data kebutuhan terhadap materi ajar diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis angket kebutuhan. Data uji ahli diperoleh dari analisis uji ahli materi dan analisis uji ahli desain. Berdasarkan analisis kebutuhan terhadap materi ajar diperlukan adanya inovasi materi menulis geguritan yang secara khusus membahas bagaimana cara menulis geguritan. Buku materi ajar menulis geguritan kemudian diujikan kepada dosen ahli. Berdasarkan saran ahli, maka dilakukan perbaikan pada perwajahan sampul dan diksi. Hasil akhir produk materi ajar menulis geguritan y aitu sampul, atur pangiring, panuntun buku, prathelan isi, peta konsep, kompetensi dasar lan indikator, nemtokake tema lan amanat geguritan, nemtokake struktur dramatik geguritan, ngembangake geguritan, gladhen, glosarium, dan daftar pustaka. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah (1) Guru sebaiknya melakukan inovasi dalam pembelajaran, tidak hanya materi ajar tetapi bisa juga model pembelajaran dan media pembelajaran bahasa Jawa, (2) Berdasarkan hasil penelitian ini, selanjutny a dapat dilakukan pengujian kepada siswa kelas IX SMP di Kabupaten Tegal untuk meny empurnakan buku materi ajar tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Materi ajar, Menulis geguritan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 00:37
Last Modified: 10 Nov 2015 00:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20309

Actions (login required)

View Item View Item