PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARANMATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN TEORI BELAJAR PIAGET PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PURWOYOSO 01 SEMARANG


WINDHA WIDYANINGSIH, 1401411311 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARANMATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN TEORI BELAJAR PIAGET PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PURWOYOSO 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411311-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data awal hasil observasi, diketahui bahwa penyebab rendahnya kualitas pembelajaran matematika di kelas IV SD Negeri Purwoyoso 01 Semarang adalah pembelajaran yang dilakukan kurang melibatkan siswa secara aktif, materi kurang dikaitkan dengan kehidupan nyata, serta kurangnya kegiatan menemukan, menggali, berdiskusi dan berpikir kritis. Penilaian otentik juga belum sepenuhnya dilakukan. Untuk memperbaiki dilakukan penelitian dengan melakukan pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dan teori belajar Piaget. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus penelitian dengan tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah guru kelas IV SD Negeri Purwoyoso 01 Semarang bertindak sebagai observer. Variable penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, iklim pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, dan kompetensi belajar siswa. Data dikumpulkan metode tes, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus 1 memperoleh jumlah skor 16,5 meningkat pada siklus 2 menjadi 22, (2) Aktivitas siswa pada siklus 1 memperoleh jumlah skor 13,85 meningkat pada siklus 2 menjadi 15, (3) Iklim pembelajaran meningkat dari siklus 1 memperoleh jumlah skor 5 menjadi 6,5 pada siklus 2, (4) Materi Pembelajaran pada siklus 1 memperoleh jumlah skor 5,5 meningkat pada siklus 2 menjadi 7,5, (5) Media pembelajaran pada siklus 1 memperoleh jumlah skor 8 meningkat 9,5 pada siklus 2, (6) Hasil belajar siswa pada siklus 1 adalah 75,92% meningkat di siklus 2 menjadi 90,73%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui pendekatan kontekstual dan teori belajar Piaget dapat meningkatkna keterampilan guru, aktivitas siswa, iklim pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, dan hasil belajar siswapada siswa kelas IV SD Negeri Purwoyoso 01 Semarang. Saran dari peneliti sebaiknya teknik ini diterapkan dalam pembelajaran matematika karena terbukti mampu meningkatkan kualitas pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Kontekstual, Teori Belajar Piaget
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 00:19
Last Modified: 10 Nov 2015 00:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20289

Actions (login required)

View Item View Item