POLA PENDIDIKAN ANAK PADA KELUARGA BURUH PABRIK DAMATEX DI SALATIGA


SUSI RAHAYU, 3301411059 (2015) POLA PENDIDIKAN ANAK PADA KELUARGA BURUH PABRIK DAMATEX DI SALATIGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3301411059-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (888kB) | Preview

Abstract

Keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama dan utama. Orang tua pada dasarnya menghendaki anak-anak mereka tumbuh menjadi anakanak yang baik, cerdas, patuh, dan terampil seperti halnya orang tua dari buruh pabrik Damatex di Salatiga. Namun, dalam kenyataannya, tidak semua keluarga dalam hal ini orang tua dapat melaksanakan perannya dengan baik, karena latar belakang beberapa faktor salah satu faktornya adalah pekerjaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui profil buruh pabrik Damatex di Salatiga (2) Untuk mengetahui pola pendidikan anak pada keluarga buruh pabrik Damatex di Salatiga (3) Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi keluarga buruh pabrik dalam memberikan pendidikan kepada anak-anaknya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di sekitar Kota Salatiga. Teknik pengumpulan data pada dalam penelitian ini antara lain: wawancara dan observasi. Informan dalam penelitian ini adalah Buruh Pabrik sebagai orang tua, Anak, dan Masyarakat/Tetangga. Analisis data dilakukan menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Buruh pabrik terdiri dari pria dan wanita, termasuk diusia yang produktif, sekitar 90% sudah menikah dan memiliki anak, berdomisili dikota Salatiga dan bekerja dengan sistem 3 shift dengan 8 jam kerja setiap harinya. (2) Pola pendidikan yang diterapkan dalam mendidik anakanaknya adalah dengan menggunakan pola fleksibel, terkadang orang tua menggunakan pola otoriter ataupun demokrasi sesuai dengan situasi dan kondisi. Otoriter dalam hal ini seperti menjalankan sholat lima waktu dan demokrasi seperti membuat peraturan-peraturan yang diterapkan didalam keluarga. Disesuaikan dengan permasalahan yang dominan. (3) Hambatan yang dihadapi adalah faktor internal yaitu kesibukan orang tua dalam bekerja, dan kurangnya waktu berkumpul. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu parik itu sendiri, lingkungan sekitar dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Saran dalam penelitian ini sebagai berikut: Orang tua diharapkan dapat memanfaatkan waktunya unuk menanamkan nilai-nilai pendidikan pada anak dengan sebaik-baiknya.Orang tua juga diharapkan untuk bisa memberi teladan yang baik di hadapan anak-anaknya supaya nantinya anak dapat mencontoh dan menerapkan apa yang dilakukan oleh orang tuanya yang nantinya anak dapat menjadi anak yang baik. Dan diharapkan orang tua bisa mengatur waktu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Profil, Pola Pendidikan, Anak, Buruh Pabrik
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 00:14
Last Modified: 10 Nov 2015 00:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20285

Actions (login required)

View Item View Item