KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS III SDN 1 KRAMAT KABUPATEN PURBALINGGA

Dian Kartika Putri, 1401411307 (2015) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS III SDN 1 KRAMAT KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2252Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas III antara yang mendapat model pembelajaran Mind Mapping dan yang mendapat pembelajaran konvensional, dan mengetahui bahwa hasil belajar siswa kelas III yang mendapat model pembelajaran Mind Mapping lebih baik daripada yang mendapat pembelajaran konvensional. Responden dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri 1 Kramat sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas III SD Negeri 1 Tunjungmuli sebagai kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu porportionate startified random sampling. Berdasarkan tabel Krecjie dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh sampel sebanyak 51 siswa, kelas ekperimen 23 siswa, dan kelas kontrol 28 siswa. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ialah quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas, dan cronbach’s alpha untuk uji reliabilitas. Metode Lilliefors untuk menguji normalitas data, Levene’s test untuk uji homogenitas, dan independent samples t test untuk uji hipotesis. Semua penghitungan diolah dengan menggunakan SPSS versi 20. Berdasarkan hasil uji hipotesis data hasil belajar siswa, diperoleh data thitung 3,302 dengan signifikansi 0,002 dan t tabel 2,010. Hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,302 > 2,010) dan signifikansinya 0,002<0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan pengujian keefektifan model dengan one sample t test, diperoleh data t hitung 4,772, dan signifikansinya 0,000 serta harga t tabel 2,074. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai t hitung > ttabel (4,772 > 2,074), dan signifikansinya 0,000<0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, model pembelajaran Mind Mapping hendaknya diterapkan dalam proses pembelajaran, sehingga hasil pembelajaran menjadi lebih optimal

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: hasil belajar, IPS, model pembelajaran Mind Mapping
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: cahyo fajar unnes
    Date Deposited: 09 Nov 2015 19:09
    Last Modified: 09 Nov 2015 19:09

    Actions (login required)

    View Item