EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROYEK MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT SISWA SMK TATA BUSANA


Dita Puspita , 5401410018 (2015) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROYEK MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT SISWA SMK TATA BUSANA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5401410018-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dasar teknologi menjahit di SKM N 1 Ampelgading belum mencapai hasil yang optimal, masih ada beberapa siswa yang belum mencapai KKM, hal ini disebabkan siswa belum memiliki budaya belajar mandiri, sumber belajar kurang, guru masih mendominasi pembelajaran, metode pembelajaran masih monoton yaitu ceramah dan demonstrasi, berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan pemilihan metode pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran dasar teknologi menjahit, metode pembelajaran proyek tampaknya sesuai dengan mata pelajaran dasar teknologi menjahit, alasannya pembelajaran proyek adalah pembelajaran dengan hasil akhir berupa produk dan metode ini sesuai dengan mata pelajaran praktik. Tujuan penelitian ini adalah 1) apakah metode pembelajaran proyek efektif meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit pada siswa kelas X tata busana SMK Negeri 1 Ampelgading; 2) mengetahui berapa besar efektivitas metode pembelajaran proyek pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit siswa kelas X tata busana SMK Negeri 1 Ampelgading. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui metode tes, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Ampelgading program keahlian tata busana yang mengikuti mata pelajaran dasar teknologi menjahit tahun 2014 di SMK Negeri 1 Ampelgading sebesar 118. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling sistem acak sebesar 78. Analisis menggunakan uji t. Hasil uji rata-rata kelas eksperimen diperoleh thitung = 11,72 sedangkan ttabel = 1,99, karena thitung > ttabel (11,72>1,99), dapat diartikan bahwa Ha yang berbunyi metode pembelajaran proyek pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas X tata busana SMK Negeri 1 Ampelgading diterima. Hasil perhitungan gain diperoleh sebesar 0,53 atau 53% dan termasuk dalam kriteria sedang. Simpulan: (1) Metode pembelajaran proyek pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit siswa kelas X tata busana SMK Negeri 1 Ampelgading efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif. (2) Besarnya efektivitas metode pembelajaran proyek pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit siswa kelas X tata busana SMK Negeri 1 Ampelgading sebesar 53% berdasarkan perhitungan gain. Saran: (1) Guru sebaiknya menggunakan metode yang tepat untuk menghindari kejenuhan siswa, sehingga siswa dapat menyerap materi secara maksimal. (2) Metode pembelajaran proyek dapat diterapkan untuk mata pelajaran yang menghasilkan produk.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Proyek, Dasar teknologi menjahit
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 00:01
Last Modified: 10 Nov 2015 00:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20277

Actions (login required)

View Item View Item