PERSEPSI GURU TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIDANG BUSANA LULUSAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DI SMK N 6 SEMARANG
Gian Kantyanna, 5401410061 (2015) PERSEPSI GURU TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIDANG BUSANA LULUSAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DI SMK N 6 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kompetensi profesional guru bidang busana merupakan kemampuan yang berkaitan dengan penguasaan materi pembelajaran bidang busana secara luas dan mendalam yang mencakup penguasaan subtansi keilmuan yang menaungi materi kurikulum tersebut, serta menambah wawasan keilmuan sebagai guru. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adanya siswa yang nilai prestasi akademiknya menurun dikarenakan siswa merasa kesulitan dalam belajar, dan metode pembelajaran yang diterapkan guru bidang busana kurang bervariasi sehingga masih ada siswa yang merasa kesulitan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru tentang kompetensi profesional guru bidang busana lulusan Unnes di SMK Negeri 6 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kuantitatif karena hasil penelitian ini disajikan secara deskripsi dengan angkaangka statistik. Populasi penelitian ini adalah guru bidang busana dengan jumlah 3 observer. Variabel penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu kompetensi profesional guru bidang busana. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif persentase untuk menggambarkan persepsi guru tentang kompetensi profesional guru bidang busana. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi guru tentang kompetensi profesional guru bidang busana lulusan Unnes di SMK N 6 Semarang memperoleh persentase 85,95% termasuk dalam kategori baik. Perincian setiap indikator kompetensi profesional guru bidang busana sebagai berikut:1) bahan aj ar memperoleh persentase 11,14%, 2) perencanaan pembelajaran memperoleh persentase 11,24%, 3) pelaksanaan pembelajaran memperoleh persentase 20,87%, 4) abilitas guru memperoleh persentase 26,81% dan 5) refleksi diri memperoleh persentase 15,89%. Simpulan yang diperoleh, hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi profesional guru bidang busana lulusan Unnes termasuk kategori baik. Saran dalam penelitian ini bahwa guru bidang busana untuk lebih meningkatkan pengembangan keprofesionalan yaitu pengembangan diri yang berupa Pelatihan atau Diklat Fungsional dan kegiatan kolektif seperti seminar, workshop, menulis artikel ilmiah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Kompetensi Profesional, Guru Bidang Busana |
Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1 |
Depositing User: | titin fitriyani unnes |
Date Deposited: | 09 Nov 2015 23:55 |
Last Modified: | 09 Nov 2015 23:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20271 |
Actions (login required)
View Item |