KEEFEKTIFAN METODE FIELD TRIP TERHADAP HASIL BELAJAR SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS III SDN BOGANGIN 1 KABUPATEN BANYUMAS

Agung Prasetyo, 1401411295 (2015) KEEFEKTIFAN METODE FIELD TRIP TERHADAP HASIL BELAJAR SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS III SDN BOGANGIN 1 KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2100Kb)

    Abstract

    Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam memerlukan sebuah metode pembelajaran yang tepat dan berfariasi. Metode yang tepat akan mempermudah penyampaian materi, sedangkan metode yang bervariasi akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa. Penyampaian materi yang mudah dipahami dan suasana yang menyenangkan akan berdampak pada hasil belajar yang maksimal. Namun kenyataan saat ini, guru hanya menerapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menyebabkan kejenuhan pada siswa yang berujung pada rendahnya hasil belajar. Oleh karena itu dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat, salah satunya yaitu metode field trip. Metode field trip merupakan metode pembelajaran di luar kelas, di mana siswa akan diajak untuk mengunjungi sebuah lokasi. Dengan mengunjungi langsung lokasi yang berhubungan dengan materi pelajaran, diharapkan siswa lebih paham dan mendapatkan gambaran secara nyata tentang materi yang sedang dipelajari. Penelitian yang dilaksanakan yaitu penelitian eksperimen, dengan tujuan untuk menguji keefektifan metode field trip terhadap hasil belajar sumber daya alam pada siswa kelas III SDN Bogangin 1 Kabupaten Banyumas. Populasi dalam penelitian ini yaitu 29 siswa kelas IIIA dan 29 siswa kelas IIIB SDN Bogangin 1 Kabupaten Banyumas. Seluruh populasi dijadikan sebagai anggota sampel karena peneliti menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Analisis akhir atau pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis data hasil belajar siswa menggunakan rumus independent sample t test menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 2,186 dan t tabel sebesar 2,003 (t hitung > ttabel ) maka Ho1 ditolak dan Ha 1 diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar IPA materi sumber daya alam pada siswa kelas III antara yang menerapkan metode field trip dan yang menerapkan pembelajaran konvensional. Sementara itu dari hasil uji keefektifan menggunakan rumus one sample t test menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 3,496 dan t tabel sebesar 2,048 (t hitung > ttabel), maka Ho2 ditolak dan Ha 2 diterima. Berdasarkan penghitungan tersebut, maka dapat diketahui bahwa hasil belajar IPA materi sumber daya alam siswa kelas III yang menerapkan metode field trip lebih baik dari pada yang menerapkan pembelajaran konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa, metode field trip efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi sumber daya alam. Oleh karena itu diharapkan metode field trip menjadi salah satu refensi guru dalam menciptakan pembelajaran IPA yang lebih baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Metode field trip, hasil belajar, sumber daya alam
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: cahyo fajar unnes
    Date Deposited: 09 Nov 2015 18:35
    Last Modified: 09 Nov 2015 18:35

    Actions (login required)

    View Item