PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS V SDN MANGUNSARI KOTA SEMARANG
ARDHINA MAYA NUGRAHENI, 1401411293 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS V SDN MANGUNSARI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah hasil refleksi bersama tim kolaborasi melalui data dokumen, observasi, wawancara dan catatan lapangan ditemukan masalah mangenai kualitas pembelajaran IPA kelas V SDN Mangunsari Kota Semarang masih rendah. Ketuntasan klasikal pembelajaran IPA hanya 31,03%. Permasalahan tersebut disebabkan karena guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif yang mengaktifkan siswa, sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti pelajaran. Selain itu, aktivitas tanya jawab antara guru dan siswa sebagai suatu interaksi masih jarang dilakukan, sehingga siswa kurang optimis dalam menyampaikan pendapat. Guru juga belum menggunakan media dalam pembelajaran IPA, sehingga siswa kurang terfasilitasi dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah penerapan model Picture and Picture berbantu media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Mangunsari Kota Semarang?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SDN Mangunsari Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Mangunsari Kota Semarang. Teknik pengumpulan data, menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data berupa kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 23 (baik), siklus II memperoleh skor 30 (baik), dan siklus III memperoleh skor 35 (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 15,89 (cukup), siklus II memperoleh skor rata-rata18,41 (baik), dan siklus III memperoleh skor rata-rata 22,68 (baik). Hasil belajar IPA pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 55,17% meningkat menjadi 68,97% pada siklus II, dan meningkat menjadi 86,20% pada siklus III. Simpulan penelitian ini yaitu model Picture and Picture berbantu media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SDN Mangunsari Kota Semarang. Saran yang diberikan yaitu model pembelajaran Picture and Picture berbantu media audio visual dapat dijadikan salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran yang lain
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Audio Visual, Kualitas Pembelajaran IPA, Picture and Picture |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | cahyo fajar unnes |
Date Deposited: | 09 Nov 2015 23:09 |
Last Modified: | 09 Nov 2015 23:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20258 |
Actions (login required)
View Item |