PRAANGGAPAN DAN PERIKUTAN DALAM WACANA IKLAN DI KATALOG KECANTIKAN ORIFLAME EDISI JANUARI 2014


Siti Minatul Husna, 2111411014 (2015) PRAANGGAPAN DAN PERIKUTAN DALAM WACANA IKLAN DI KATALOG KECANTIKAN ORIFLAME EDISI JANUARI 2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2111411014-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Iklan sebagai salah satu bentuk komunikasi mempunyai peranan penting untuk memperkenalkan suatu produk yang berupa barang maupun jasa kepada masyarakat. Beragam bentuk iklan yang sangat menarik dan kreatif di media cetak dan media elektronik memunculkan fenomena dalam periklanan sehingga, dapat menimbulkan gaya hidup baru. Fenomena ini dapat dipahami apabila dilihat dalam ideologi iklan. Hal itu dapat diartikan sebagai usaha pengiklan untuk selalu menonjolkan keunggulan produk yang diiklankan. Untuk itulah, pengiklan berusaha menyampaikan iklannya dengan baik agar dapat diterima oleh konsumen. Namun periklanan di media cetak kurang menarik bagi pembaca iklan. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini peneliti mencoba memecahkan masalah tersebut. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) apa saja jenis-jenis praanggapan dalam wacana iklan di katalogkecantikanOriflame 2014 dan (2) bagaimanakah perikutan yang terdapat dalam wacana iklan di katalog kecantikan Oriflame 2014. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis-jenis praanggapan dalam wacana iklan di katalog kecantikan Oriflame 2014, dan mendeskripsi perikutan yang ada dalam iklan di katalog kecantikanOriflame 2014. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pragmatis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada tuturan iklan kecantikan yang diduga mengandung praanggapan dan perikutan. Data penelitian ini adalah tuturan iklan di katalog kecantikan Oriflame edisi januari 2014 yang diduga mengandung praanggapan dan perikutan, sedangkan sumber datanya adalah tuturan iklan dari beberapa iklan di katalog kecantikan Oriflame edisi Januari 2014. Pengambilan data dalam penelitian ini terdiri atas dokumentasi dan catat. Penyajian hasil analisis data penelitian menggunakan penyajian informal. Hasil penelitian ini adalah bahwa di dalam tuturan iklan terdapat jenis 6 praanggapan yang mencakup praanggapan eksistensial, praanggapan faktual, praanggapan nonfaktual, praanggapan leksikal, praanggapan struktural, dan praanggapan konterfaktual. Jenis praanggapan yang harus ada di dalam pembuatan sebuah iklan ialah praanggapan eksistensial, karena untuk memperkenalkan nama merek produk yang sedang diiklankan. Selain itu, praanggapan faktual juga penting, karena untuk meyakinkan pembaca iklan bahwa produk yang sedang diiklankan dapat diyakini kebenarannya. Jenis-jenis praanggapan yang paling dominan ada pada wacana iklan di katalog kecantikan Oriflame edisi 2014 adalah praanggapan eksistensial dengan 54 jenis. Fungsi jenis praanggapan eksistensial untuk memperkenalkan nama merek produk yang sedang diiklankan. Selain terdapat jenis praanggapan, dalam tuturan-tuturan pada iklan kecantikan juga terdapat perikutan. Perikutan di dalam iklan di katalog kecantikan Oriflame muncul dari tuturan yang mendukung iklan tersebut. Tuturan pada iklan di katalog tersebut berbeda-beda. Dari 100 iklan di katalog oriflame edisi 2014 terdapat 23 perikutan. Mengacu pada hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan pada pembuat iklan untuk menggunakan praanggapan eksistensial dan faktual dalam membuat suatu iklan. Untuk gambar visual yang memunculkan praanggapan dalam iklan, seharusnya sesuai dengan produk yang sedang diiklankan. Peluncuran produk sebaiknya tepat sasaran dan mendekati momen-momen khusus. Selain itu, pemberian promo-promo maupun banjir bonus juga diperlukan agar lebih menarik minat pembaca iklan. Untuk peneliti lain, penelitian praanggapan iklan kecantikan agar ditindak lanjuti, tidak hanya iklan kecantikan saja, tetapi diperkaya dengan penelitian iklan-iklan lain dan memiliki relevansi dengan pemasaran guna menambah khazanah ilmu bahasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Praanggapan, perikutan, wacana iklan, dan iklan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 09 Nov 2015 23:00
Last Modified: 09 Nov 2015 23:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20256

Actions (login required)

View Item View Item