PENGARUH SERTIFIKASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI SE-GUGUS JENDERAL SOEDIRMAN KECAMATAN BATANG KABUPATEN BATANG

Alifa Nurul Kridayanti, 1401411288 (2015) PENGARUH SERTIFIKASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI SE-GUGUS JENDERAL SOEDIRMAN KECAMATAN BATANG KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1608Kb)

    Abstract

    Sertifikasi guru merupakan proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru. Sertifikat pendidik diberikan kepada guru yang telah memenuhi standar profesi dan kompetensi guru. Kompetensi guru merupakan seperangkat kemampuan yang harus ada dalam diri guru agar dapat mewujudkan kinerjanya secara tepat dan efektif. Kompetensi tersebut meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Berdasarkan wawancara dengan kepala SDNegeri gugus Jenderal Soedirman diperoleh keterangan bahwa guru kurang aktif dalam kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan dalam berinteraksi dengan orang tua peserta didik. Adanya sertifikasi diharapkan kinerja guru akan menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sertifikasi terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri se-Gugus Jenderal Soedirman Kecamatan Batang Kabupaten Batang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 47, semua populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Metode penelitian menggunakan survey dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Jenuh.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur dan angket tertutup dengan skala likert 4. Metode analisis data melalui uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan linearitas serta analisis akhir pengujian hipotesis berupa uji korelasi, regresi sederhana, dan koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0,563 yang berarti bahwa sertifikasi memberikan sumbangan pengaruh sebesar 56,3% dan sisanya 43,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh sertifikasi terhadap kineja guru. Disarankan kepada guru bersertifikat pendidik agar selalu meningkatkan kinerjanya dengan berlandaskan pada kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial, sehingga terciptalah keseimbangan antara hak dan kewajibannya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kinerja guru, sertifikasi
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: cahyo fajar unnes
    Date Deposited: 09 Nov 2015 17:59
    Last Modified: 09 Nov 2015 17:59

    Actions (login required)

    View Item