STUDI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KULTUR SEKOLAH PADA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG


SUKMA KARTIKA ABIDDIN, 1401411283 (2015) STUDI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KULTUR SEKOLAH PADA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411283-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan hal yang sangat penting dalam proses pendidikan. Kondisi Iklim sekolah dapat menunjang proses penanaman 18 karakter bangsa. Fokus penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter berbasis kultur sekolah di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter berbasis kultur sekolah di sekolah dasar di Kecamatan Mijen Kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan sebanyak tiga kali pada setiap sampel. Variable yang diteliti adalah keterampilan mengajar guru, kondisi lingkungan sekolah, dan pengembangan 18 karakter bangsa di sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Pengambilan data dilakukan sebanyak tiga kali pada setiap sampel. Analisis data menggunakan model Miles and Hubberman, yaitu collecting data, data reduction, data display, dan conclusions. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengajar guru dalam implementasi pendidikan karakter berbasis kultur sekolah 56,91kategori baik, kondisi iklim sekolah dalam menunjang pendidikan karakter berbasis kultur sekolah 61,20 kategori baik, dan pengembangan 18 karakter bangsa yang dilakukan oleh sekolah 62,20 kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah sekolah sudah mengimplementasikan pendidikan karakter berbasis kultur sekolah dengan baik melalui kebijakan, peraturan, dan pembiasaan sekolah. Saran dari penelitian ini adalah Sebaiknya sekolah terus konsisten dalam mengimplementasi pendidikan karakter di sekolah melalui kebijakan, peraturan sekolah dan pembiasaan yang dilakukan oleh sekolah. Dan perlu juga melakukan terobosan baru melalui kebijakan dan peraturan yang mendukung penanaman karakter pada siswa maupun warga sekolah lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: implementasi, karakter, kultur, sekolah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 09 Nov 2015 22:20
Last Modified: 09 Nov 2015 22:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20245

Actions (login required)

View Item View Item