PENGEMBANGAN BUKU BACAAN BERBASIS TRADISI di KABUPATEN BATANG


Yunus Sofianto, 2102408044 (2015) PENGEMBANGAN BUKU BACAAN BERBASIS TRADISI di KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2102408044-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tradisi Jawa merupakan salah satu warisan budaya leluhur yang adiluhung, terdapat nilai-nilai budi perkerti, pesan dan simbol didalamnya. Tradisi Jawa merupakan cermin dari kehidupan masyarakat Jawa pada umumnya yang berisi tentang keyakinan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan segala kebiasaan- kebiasaan masyarakat yang seharusnya masih dijaga kelestariannya sampai sekarang. Yang lebih memprihatikan lagi parasiswa SMP sekarang jarang yang mengenal tradisi-tradisi di daerahnya. Itu disebabkan oleh kurangnya minat siswa dan kurangnya pengetahuan para siswa tentang pentingnya suatu tradisi. Sedikit sekali yang mengenal tradisi semacam kirab, lomban, nyadran. Hal semacam ini sangat memprihatinkan karena tradisi merupakan warisan budaya yang terus dilestarikan secara turun temurun. Sedangkan bagi pengajar, materi akan karangan sastra lisan seperti tradisi masih sangat sedikit sekali, sehingga pengajar memerlukan sumber materi untuk diajarkan kepada siswa. Berdasarkan uraian tersebut, masalah dalam penelitian ini adalahbagaimanakah pengembangan buku bacaan berbahasa Jawa Tradisi di Dareah Batang. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku bacaan berbahasa Jawa berbasis Tradisi di Dareah Batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan. Prosedur penelitian yang dilakukan adalah analisispendahuluan, awal pengembangan desain, desain produk, validasi desain/uji ahli, dan revisi desain. Data dalam penelitian ini adalah data deskripsi kebutuhan, data desain awal prototipe buku ajar, data koreksi ahli, dan data prototipe bukubacaan berbahasa Jawa berbasis Tradisi di Dareah Batang.Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang meliputi angket kebutuhan dan angket uji ahli. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan buku bacaan yang berisi penjelasan dari masing-masing tradisi di daerah Batang guna mengenalkan kepada masyarakat.. Setelah buku bacaan disusun, selanjutnya diujikan kepada ahli. Dari uji ahli tersebut kemudian dilakukan beberapa perbaikan sesuai dengan saran dari uji ahli. Perbaikan tersebut diantaranya yaitu: perbaikan pada aspek perwajahan sampul, aspek isi buku, dan struktur penyajian buku. Prototipe yang telah direvisi kemudian dijilid dalam bentuk buku berukuran A5 80 gr. Saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini adalah (1) Menyadari belum sempurnanya penelitian pengembangan ini, maka hendaknya dilakukan penelitian-penelitian pengembangan lainnya sebagai penyempurna (2)Perlu diadakan pengembangan terhadap pelengkap buku bacaan berbahasa Jawa berbasis Tradisi di Dareah Batang untuk melengkapi kekurangan pada buku bacaan berbahasa Jawa berbasis Tradisi yang telah ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Bacaan, Tradisi di Kabupaten Batang.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 09 Nov 2015 21:47
Last Modified: 09 Nov 2015 21:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20241

Actions (login required)

View Item View Item