PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI DENGAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII A SMP NEGERI 1 UNGARAN


Rosyida Oktarina, 2101411170 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI DENGAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII A SMP NEGERI 1 UNGARAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101411170-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal keterampilan menyusun teks eksplanasi secara tertulis pada peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Ungaran masih tergolong rendah karena belum semua peserta didik mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 80 dengan nilai konversi 3.2. Indikator penyebabnya adalah peserta didik belum mampu menentukan topik/tema karangan, peserta didik belum dapat membedakan antara teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, dan eksplanasi, dan peserta didik kurang minat dengan pembelajaran menyusun teks eksplanasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pembelajaran menyusun teks eksplanasi?; (2) bagaimana peningkatan sikap spiritual dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi?; (3) bagaimana peningkatan sikap sosial dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi?; (4) bagaimana peningkatan pemahaman pembelajaran menyusun teks eksplanasi?; dan (5) bagaimana peningkatan keterampilan menyusun teks eksplanasi dengan menggunakan model investigasi kelompok dan media audiovisual pada peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Ungaran? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan batas ketuntasan minimal 80 atau dengan nilai konversi 3.2 dengan predikat B. Siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menyusun teks eksplanasi pada peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Ungaran. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan nontes melalui observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) proses pembelajaran keterampilan menyusun teks eksplanasi dengan model investigasi kelompok dan media audiovisual pada peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Ungaran dari siklus I ke siklus II yaitu dengan rerata persentase 69.04% menjadi 92.82% dan mengalami peningkatan sebesar 23.77%; (2) sikap spiritual peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu dengan rerata nilai 77.49 atau 3.09 menjadi 88.92 atau 3.55 dan mengalami peningkatan sebesar 11.43; (3) sikap sosial peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu dengan rerata nilai 74.40 atau 2.9 menjadi 91.90 atau 3.67 dan mengalami peningkatan sebesar 17.5; (4) pengetahuan peserta didik dalam menyusun teks eksplanasi dari siklus I ke siklus II yaitu dengan rerata nilai 81.66 atau 3.26 menjadi 90.23 atau 3.6 dan mengalami peningkatan sebesar 8.57; dan (5) keterampilan menyusun teks eksplanasi dari siklus I ke siklus II yaitu dengan rerata nilai 78.77 atau 3.15 menjadi 84.94 atau 3.39 dan mengalami peningkatan sebesar 6.17. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan pada guru bahasa Indonesia dalam menerapkan model investigasi kelompok hendaknya menambah kejelasan tentang manfaat model pembelajaran yang digunakan dan pentingnya rasa percaya diri bagi peserta didik di awal pembelajaran, karena peserta didik dalam langkah kelima dan keenam model investigasi kelompok yaitu mempresentasikan hasil teks eksplanasi dan memberikan evaluasi berdasarkan pengalaman peneliti peserta didik banyak mengalami kesulitan. Bagi peneliti, hendaknya mengetahui karakter peserta didik karena dalam mengajar perlu adanya komunikasi yang baik antara pengajar dan peserta didik sehingga dapat tercipta kondisi pembelajaran yang menyenangkan. Bagi peneliti lain, hendaknya melakukan penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan menggunakan berbagai model dan media pembelajaran lain yang lebih variatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menyusun teks eksplanasi, model investigasi kelompok, media audiovisual.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 09 Nov 2015 20:57
Last Modified: 09 Nov 2015 20:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20236

Actions (login required)

View Item View Item