PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL HINK TALK WRITE MELALUI MEDIA VIDEO KLIP LAGU PADA SISWA KELAS VIII B SMP N 11 MAGELANG TAHUN 2014/2015


Putri Rofiatun Mardziyah, 2101411149 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL HINK TALK WRITE MELALUI MEDIA VIDEO KLIP LAGU PADA SISWA KELAS VIII B SMP N 11 MAGELANG TAHUN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101411149-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Aspek keterampilan menulis selain dalam pengajaran bahasa juga diberikan dalam pengajaran sastra. Salah satunya adalah menulis puisi. Mengacu pada Kurikulum 2004 bahwa keterampilan menulis puisi sudah diajarkan mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Akan tetapi, pada kenyataannya pembelajaran menulis puisi di sekolah masih banyak kendala dan cenderung dihindari. Sebagaimana hasil observasi dan pretes yang telah dilakukan peneliti, tingkat keterampilan peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 11 Magelang dalam menulis puisi masih rendah. Nilai rata-rata mereka adalah 61,13 dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. Peserta didik yang mampu mencapai ketuntasan belajar sebanyak 4 peserta didik, sedangkan peserta didik yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 26 peserta didik. Rendahnya keterampilan tersebut disebabkan rata-rata peserta didik mengalami kesulitan dalam menentukan diksi dan permajasan. Berdasarkan latar belakang di atas, permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran menulis kreatif puisi peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 11 Magelang ketika dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model think talk write melalui media video klip lagu dan bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisi serta perubahan perilaku peserta didik setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model think talk write melalui media video klip lagu. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses kegiatan tiap siklus meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Terdapat dua siklus dalam penelitian ini, yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum memasuki kedua siklus dilakukan pretes untuk mengetahui kondisi awal keterampilan peserta didik dalam menulis puisi. Hasil dari pretes, siklus I, dan siklus II dibandingkan. Dengan pembandingan tersebut, akan diketahui sejauhmana keterampilan peserta didik dalam menulis puisi dan perubahan perilaku peserta didik setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model think talk write melalui media video klip lagu. Proses pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model think talk write melalui media video klip lagu berlangsung lancar dan terarah. Proses pembelajaran mengalami peningkatan mencapai 14,45 dari nilai rata-rata 73,33 pada siklus I mencapai 87,78 pada siklus II. Kemudian, berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil tes pratindakan hanya mencapai nilai rata-rata 61,14. Selanjutnya pada siklus I meningkat sebesar 9,8 dengan nilai ratarata 71,00. Kemudian pada siklus II meningkat lagi sebesar 11,3 dengan nilai ratarata mencapai 82,7. Peningkatan hasil tes juga diikuti oleh perubahan perilaku peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 11 Magelang ke arah yang lebih positif. Perubahan perilaku mengalami peningkatan sebesar 21,5 dari 63,25 pada siklus I menjadi 84,75 pada siklus II. Mengingat hasil pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model think talk write melalui media video klip lagu dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 11 Magelang, maka hendaknya model dan media tersebut juga dapat diterapkan oleh para guru dalam pembelajaran menulis puisi di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis puisi, model think talk write, media video klip lagu
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 09 Nov 2015 20:51
Last Modified: 09 Nov 2015 20:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20234

Actions (login required)

View Item View Item